Suasana saat pembukaan LKTD (Foto: Ori Hana)

Kupang, Vox NTT- Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan (HMPSIP) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD).

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Stikes CHMK, Desa Oematnunu, Kecamatan Kupang Barat pada 10-13 Mei 2018.

Sebanyak 84 mahasiswa semester II sebagai peserta LKTD. Sedangkan panitia berjumlah 96 orang, Steering Committee berjumlah 10 orang dan didampingi oleh Ketua Program Studi dan Dosen Ilmu Pemerintahan.

Ketua Steering Committee, Urikus Hana kepada VoxNtt.com melalui pesan WhatsApp, Jumat malam (11/05/2018), mengatakan, LKTD ini merupakan kegiatan untuk membina dan melatih soft skill.

“Agar mahasiswa mampu berpikir kritis terhadap fenomena- fenomena sosial yang terjadi dan mempersiapkan kader-kader ilmu pemerintahan untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang militan, akuntabel, berintergritas,” katanya.

Senada dengan Urikus, Ketua Panitia LKTD Albertus Mbolang mengatakan, kegiatan ini merupakan ruang bagi panitia maupun peserta untuk menggali potensi yang ada dalam diri.

“Dengan LKTD ini relasi antara senior dan yunior bisa tercipta,” ujarnya.

Terpisah, Ketua HMPSIP Ilong Babys mengatakan, dengan kegiatan LKTD mahasiswa dilatih menjadi pemimpin yang mampu dan bisa menjawab pelbagai fenomena – fenomena yang sedang hangat diperbincangkan.

Dia mencontohkan, di Kota Kupang saat ini sudah sering dikirim peti mayat TKI dari Negara Malaysia.

“Oleh Karena itu melalui kegiatan ini diharapkan agar kader-kader anak bangsa dapat melakukan aksi nyata daripada seribu opini,” harapnya

Sementara itu, Veronika Ina Asan Boro, Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan mengatakan, proses LKTD ini merupakan bagian dari pembentukan karakter dan mental generasi muda sebagai agen of changes yang menjadi garda terdepan untuk menyikapi setiap fenomena sosial yang terjadi.

Penulis: Tarsi Salmon
Editor: Adrianus Aba