Warga sedang mengerjakan jalan lapen di Desa Bangka Ruang

Ruteng, Vox NTT- Tahun 2018 ini, Dana Desa (DD) di Desa Bangka Ruang, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai dialokasikan untuk pembangunan jalan lapisan penetrasi (lapen).

Kepala Desa Bangka Ruang Marselinus Janggur mengatakan, alokasi DD tahun 2018 untuk pembangunan fisik lapen sebesar Rp 117.000.000,00. Volumenya yakni sepanjang 210 meter.

Pembangunan jalan lapen tersebut, kata Marselinus, terdapat di Dusun 3 dan 4 dan menuju Kantor Desa Bangka Ruang yang baru.

Menurut dia, pembangunan jalan lapen itu dilakukan Pemerintah Desa Bangka Ruang sebagai terobosan baru menuju desa yang maju dan sejahtera.

“Apalagi penggunaan dana desa tersebut sudah berdasarkan nomenklatur APBdes,” kata Marselinus, Sabtu malam (26/05/2018).

Dia menambahkan, proyek lapen itu dikerjakan oleh tenaga kerja dari Desa Bangka Ruang, baik laki-laki maupun perempuan. Langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Dan pekerjaan ini sudah melalui proses atau tahapan seperti musyawarah dusun, musyawarah desa,” kata Marselinus.

Baca Juga: Kades Bangka Ruang Bersama Warganya Buka Jalan Baru

Dia mengaku, masyarakat Desa Bangka Ruang merespon positif atas pembangunan jalam lapen tersebut.

“Mereka (masyarakat) sangat senang karena ini adalah sejarah baru desa bisa mengerjakan sendiri lapen dengan menggunakan dana desa dan melibatkan masyarakat sendiri,” pungkas Marselinus.

Dia berjanji ke depan jika masih ada ruang di regulasi, maka pihaknya akan membangun lapen pada semua jalan lintas RT dan Dusun.

Sebab menurut Marselinus, lapen jauh lebih bagus ketimbang membangun rabat beton di semua jalan lintas RT dan Dusun.

“Alasan yang berikut adalah karena sekarang melayani masyarakat mesti di kantor desa, maka aksesnya harus bagus,” tutup Kades Marselinus.

 

KR: Leonardus Jehatu
Editor: Adrianus Aba

alterntif text