Serah terima jenazah secara simbolik dari BP3TKI Kupang yang diwakili Kepala Seksi Penempatan TKI P4TKI Maumere, Rafael Rada kepada salah satu wakil keluarga. (Foto: Are de Peskim/Vox NTT)

Maumere, Vox NTT- Jenazah Nikolaus, TKI asal Nangahure, Maumere yang meninggal di Malaysia akhirnya tiba di Maumere pada Rabu, 30 Mei.

Jenazah lalu dimakamkan di Nangahure pada Kamis kemarin, 31 Mei.

Pihak keluarga mendapat kabar pada Senin, 21 Mei lalu dari rekan kerjanya di Sandakan, Malaysia bahwa Nikolaus ditemukan terjatuh saat sedang membersihkan mobil.

Mobil tersebut merupakan mobil yang digunakannya untuk mengangkut kelapa sawit di perkebunan tempat dia bekerja.

Setelah terjatuh, Nikolaus dilarikan ke rumah sakit.

Pada Selasa, 22 Mei, Nikolaus meninggal dunia.

Berdasarkan dokumen yang dikirimkan bersama jenazah diketahui bahwa Nikolaus meninggal akibat Left Basal Ganglia Hipertensive Bleed (pecah pembuluh darah otak akibat hipertensi).

Keterangan kematian dikeluarkan oleh Hospital Duchess of Kent Sandakan.

Selanjutnya pihak perusahaan melaporkan Kepolisian Diraja Malaysia Balai Polisi Sandakan perihal kematian Nikolaus.

Berdasarkan laporan kepolisian dan keterangan rumah sakit tersebut lalu dibuatlah laporan ke KJRI di Kinabalu, Malaysia.

Jenazah diberangkatkan dari Sandakan ke Kuala Lumpur pada Minggu, 27 Mei. Selanjutnya pada Senin, 28 Mei, jenazah diterbangkan ke Jakarta dan pada Selasa, 29 Mei jenazah diterbangkan ke Kupang.

Sempat tertahan semalam di Kupang, jenazah kemudian diterbangkan ke Maumere pada Rabu, 30 Mei. Pada Kamis 31, Mei jenazah dimakamkan di Nangahure.

 

Penulis: Are de Peskim
Editor: Adrianus Aba