Suasana sepi di Kantor Bupati Belu, tempat yang rencananya akan dilaksanakan upacara bendera Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2018 (Foto: Marcel Manek/Vox NTT)

Atambua, Vox NTT- Pelajar SD dan SMP dari beberapa daerah di Belu kecewa lantaran tidak ada upacara bendera untuk memperingati Hari Lahir Pancasila tingkat kabupaten itu, Jumat (01/06/2018).

Sejak pagi ratusan pelajar yang mengenakan pakaian adat lengkap sudah menunggu di halaman kantor Bupati Belu untuk mengikuti upacara benedera.

Sayangnya, tanpa komunimasi dari pihak Pemkab Belu, upacara yang menurut rencananya akan dimulai pukul 08.00 Wita tidak jadi dilaksanakan.

Akibatnya, para pelajar kembali daerah masing-masing dengan rasa kecewa.

Pantauan VoxNtt.com, pada Jumat pagi di halaman kantor Bupati Belu terlihat lapangan upacara sepi dan tidak aktivitas.

Hanya terlihat beberapa anggota Sat Pol PP yang berjaga di pos depan kantor bupati.

Karena tidak dilaksanakan upacara, para pelajar akhirnya pulang.

Terlihat ada petugas yang menyampaikan kepada para pelajar dan guru pendamping bahwa upacaranya akan ditunda ke hari Senin, 4 Juni mendatang.

Merasa dikecewakan, mereka langsung meninggalkan area lapangan Kantor Bupati Kabupaten Belu.

Terlihat, sebagian dari pelajar yang menunggu sejak pagi terpaksa berjalanan kaki pulang lantaran kendaraan yang dipakai sudah meninggalkan mereka.

Ada juga yang masih menunggu jemputan karena rumah dan sekolahnya yang jauh dari lokasi Kantor Bupati Belu.

Salah satu guru pendamping yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, berdasarkan surat edaran yang diterima, mereka diperintahkan oleh Pemkab Belu untuk mengikuti upacara dalam memperingati Hari Lahir Pancasila pada Jumat, 1 Juni 2018 di Kantor Bupati Belu.

Namun, meski upacara dibatalkan, hingga pagi tadi juga tidak ada konfirmasi dari pihak Pemkab Belu tentang penundaan upacara tersebut.

“Surat edaran ke sekolah kami bahwa upacaranya hari ini. Tapi sampai pagi tadi juga tidak ada yang mengkonfir ke kita tentang penundaan,” aku sumber itu.

Dirinya mengaku sangat kecewa lantaran sejak pagi sudah datang jauh-jauh untuk mengikuti upacara.

Namun setelah menunggu dua jam lebih, sumber itu mengaku diberitahu bahwa upacara ditunda.

Terpisah, Bupati Belu Willybrodus Lay mengaku tidak mengetahui bahwa pada Jumat, 1 Juni 2018 akan ada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Kantor Bupati Belu.

Bupati Wily juga mengaku tidak mengetahui akan surat edaran yang dikeluarkan dari Pemkab Belu untuk upacara peringatan salah satu hari nasional tersebut.

“Saat ini saya ada di Jakarta. Rasanya tidak ada perintah apel hari ini yang ada nanti hari Senin. Jadi saya tidak tahu,” jelas Bupati Wily.

 

Penulis: Marcel Manek
Editor: Adrianus Aba

alterntif text