Ilustrasi Dana Desa

Borong, Vox NTT- Aktivis Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) asal Manggarai Timur (Matim), Firman Jaya meminta anggota dewan di kabupaten itu untuk melakukan monitoring pengelolaan dan penggunaan dana desa di daerah pemilihan masing-masing.

Firman Jaya mengatakan, pemantauan itu penting dilakukan untuk memastikan, apakah pemerintah desa mengelola dana desa dengan baik atau tidak.

“DPRD mesti turun lokasi untuk melakukan pengawasan penggunaan dan penyerapan dana desa. Apakah pengelolaanya sesuai aturan atau tidak. DPRD kan punya fungsi pengawasan,” tegas Firman saat ditemui VoxNtt.com di Borong, Selasa (05/06/2018).

Dia menambahkan, pengawasan terhadap penggunaan dana desa sangat penting mengingat pemerintah mengucurkannya dalam jumlah yang besar.

Firman menilai, selama ini yang intens mengawasi penggunaan dana desa di Matim hanyalah media massa. Sementara peran DPRD belum tampak ke permukaan.

Banyak pemberitaan media massa yang mewartakan dana desa diduga disalahgunakan oleh pemerintah desa.

“Selama ini yang terjadi di lapangan masih banyak yang diduga disalahgunakan. Meskipun tidak semua desa. Ke depan mesti ada pengawasan dan monitoring dari pihak terkait, termasuk DPRD Matim,” tegas Firman.

 

Penulis: Nansianus Taris
Editor: Adrianus Aba