Kedua pegawai di Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Ende sedang asyik bermain game saat jam kerja (Foto: Ian Bala/Vox NTT)

Ende, Vox NTT-Pegawai di Sekretariat Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PRKPP) Kabupaten Ende nampak asyik utak atik smartphone saat jam kerja, Kamis (7/6/2018) pagi pukul 10.20 Wita.

Kedua pegawai yang duduk berhadapan ternyata sedang asyik bermain game Ludo King beralas buku tamu. Sementara satu pegawai lainnya, sedang mengoperasi komputer di sebelahnya.

Para wartawan yang hendak mengonfirmasi Kepala Dinas, Siprianus Rete soal pembebasan lahan untuk perpanjangan Bandar Udara Aroeboesman, sedikit kesulitan karena tak ada petugas di ruang tamu. Hanya seorang pegawai baru yang mengaku bukan bertugas sebagai penerima tamu di kantor dinas tersebut.

“Saya tidak tahu, saya baru bertugas disini,” kata pegawai itu berlalu.

Sedangkan sebagian pegawai di ruang lain nampak berkumpul, online hingga ngobrol ngalor ngidul tak jelas. Sementara di beberapa ruang lain nampak kosong tak ada satupun pegawai.

Wartawan kemudian menuju di ruang sekretariat menanyakan buku tamu untuk keperluan wawancara Kadis Siprianus. Kadua pegawai kemudian menyodorkan buku ekspedisi surat.

“Eh, ini bukan buku tamu. Ini buku ekspedisi surat,” kata wartawan.

Kedua pegawai yang sedang bermain game nampak gegabah mencari buku tamu. Padahal, buku itu mereka pergunakan untuk alas smartphone mereka.

“Mungkin itu pak, buku yang dialas itu,” tanya wartawan.

“Eh benar, ini bukunya,” jawab pegawai itu lantas menyodorkan buku tamu.

Mereka kemudian melanjutkan permainan game Ludo King.

Wartawan kemudian mengisi buku tamu dan mengembalikan ke dua pegawai tersebut. Mereka kemudian menjelaskan bahwa Kadis Siprianus belum masuk kantor.

Kadis Sipri sendiri hingga berita ini dirilis belum berhasil dikonfirmasi terkait ulah ASN yang malah bermain game saat jam dinas tersebut.

Untuk diketahui, etos kerja ASN sebagaimana ditemukan wartawan di Dinas PRKPP Ende tersebut justru bertolak belakang dengan pernyataan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo saat menyaksikan Pergelaran Seni Budaya di Lapangan Pancasila belum lama ini.

Tjahjo menegaskan ASN untuk lebih fokus bekerja sesuai amanah Presiden Joko Widodo. Bahkan slogan Jokowi soal revolusi mental belum melekat pada diri ASN di Kabupaten Ende.

 

Penulis: Ian Bala
Editor: Adrianus Aba