VBL berpose bersama petani dari kecamatan Raimanuk, Belu (Foto: Apri Hale)

Atambua, Vox NTT- Calon Gubernur NTT, Victor Bungtilu Laiskodat melakukan blusukan ke desa Leuntolu, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Jumat (08/06/2018).

Di sana, Victor dan rombongan menemui 90-an perwakilan petani yang berasal dari Kecamatan Raimanuk. Momentum ini dipakai tim Victory-Joss saat mengakhiri kampanye di Belu.

Pria yang akrab disapa VBL ini berharap agar semua petani bisa fokus pada pekerjaannya sambil menjemput program besar pertanian yang akan dicanangkannya apabila menjadi Gubernur NTT.

“Kita punya Matahari yang cukup artinya tidak ada yang mustahil untuk kita bangkit di bidang pertanian dan bisa eksport hasil pertanian. Untuk air, benih unggul dan pupuk, kami akan membangun embung-embung di setiap titik sentral pertanian dan memastikan setiap benih serta pupuk akan sampai pada tangan petani tepat waktu” kata Victor.

Dalam agenda blusukan yang berlangsung sekitar 20 menit tersebut, VBL juga menegaskan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kedamaian dan hubungan persaudaraan antar sesama warga. Hal disampaikan Victor agar jangan sampai terjadi konflik hanya karena moment politik lima tahunan ini.

Ia berharap agar masyarakat NTT tetap menjaga api semangat Pancasila dan jangan pernah memberikan ruang bagi oknum atau kelompok-kelompok radikal untuk masuk dan membawa paham lain yang berlawanan dengan Pancasila.

Sementara itu, Ketua DPD Petani NasDem Belu, Aprianus Hale dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa petani yang hadir merupakan perwakilan pelaku pertanian dari 9 desa di kecamatan Raimanuk.

Kegiatan ini sengaja digelar di desa Leuntolu karena merupakan salah satu lumbung pangan kabupaten Belu.

Hale menyebut masalah utama petani saat ini adalah belum adanya jaminan pasar bagi para petani yang mengakibatkan rendahnya harga jual produk pertanian.

Dirinya berharap jika Victory-Joss menjadi gubernur dan wakil gubernur, bisa memperhatikan infrastruktur pertanian seperti embung, irigasi dan sumur bor.

Selain itu, manajemen pertanian mulai dari penanaman sampai pada pemsaran harus dijamin oleh pemerintah guna meningkatkan hasil produksi pertanian dan pendapatan bagi petani.

Usai berdialog langsung dengan petani, Victor mendapat buah tangan berupa 4 buah pepaya dari hasil kebun milik Ketua DPC Petani NasDem Raimanuk.

Cendramata ini diberikan oleh Ketua DPC Petani NasDem Raimanuk, Theodorus Ikun. Sementara empat buah pepaya itu sebagai simbol harapan akan kemajuan petani terhadap Paslon Victory-Joss yang mendapat nomor urut 4.

Kontributor: Apri Hale

Editor: Irvan K