Kegiatan Bimtek Pendidikan Keluarga di Hotel Gloria Borong (Dok. Kandidus Nabi)

Borong, Vox NTT-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manggarai Timur (PK Matim) melakukan bimbingan teknis (Bimtek) pendidikan keluarga di Hotel Gloria, Kamis (05/07/2018).

Kepala UPT Satuan Pendidikan Non Formal Dinas PK Matim, Kandidus Nabi dalam rilisnya yang diterima VoxNtt.com menjelaskan, Bimtek itu dilakukan karena pentingnya peran keluarga dalam mendukung perkembangan anak dalam dunia pendidikan.

Kata dia, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peran penting dalam pendidikan untuk mewujudkan generasi emas 2045.

Nabi menambahkan, Direktorat Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidilan dan Kebudayaan Indonesia mendukung dan memperkuat kemitraan antara keluarga, masyarakat dan satuan pendidikan sebagai Tri Sentra pendidikan.

Itu terutama dalam membangun ekosistem pendidikan yang nyaman dan menyenangkan sehingga mampu menumbuhkembangkan karakter dan budaya berprestasi anak.

“Wujud nyata pemerintah kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Manggarai Timur adalah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis penyelenggaraan pendidikan keluarga tahun 2018 di kabupaten Manggarai Timur,” ujarnya.

Dia menjelaskan, tujuan Bimtek pendidikan keluarga itu antara lain: keluarga yang merupakan unit terkecil dari masyarakat dapat memahami perannya dalam pembentukan karakter anak dan masyarakat dan satuan pendidikan dapat menunjang pembentukan karakter anak.

Adapun yang menjadi narasumber Bimtek itu adalah tim pusat dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Dirjen PAUD Dikmas Kemendikbud RI, Nanik Suwaryani dan fasilitator pusat, Adi Sutrisno.

Adapun pesertanya adalah 34 pengawas sekolah dari tingkat PAUD, TK ,SD,SMP, Pengelola PAUD 2 orang, kepala TK 2 orang, mitra PAUD 1 orang, Kepala SD 1 orang, kepala SMP 1, ketua koumite sekolah 2 orang, PKBM 1 orang, dari Dinas PK 6 orang.

 

Penulis: Nansianus Taris
Editor: Adrianus Aba

alterntif text