Masyarakat Maukaro serta aparat keamanan Polsek Maukaro berpose bersama depan poskamling Maukaro (Foto: Doc. Polres Ende)

Ende, Vox NTT-Kepolisian Resort Ende gelar lomba pembuatan pos keamanan lingkungan (poskamling) untuk seluruh wilayak kerja Polsek Kabupaten Ende. Polsek Maukaro meraih juara atas perlombaan dalam rangka HUT Bhayangkara yang ke-72.

Kapolsek Maukaro, Iptu J. Ronny Gonstal mengatakan, poskamling tersebut dibangun di Dusun 2, Desa Kolikapa. Poskamling itu menjadi otoritas empat wilayah yakni Kolikapa, Kebirangga Selatan, Kebirangga Tengah dan Boafeo.

“Poskamling itu dibangun oleh masyarakat serta aparat keamanan di wilayah setempat. Semua masyarakat dilibatkan. Dan saya akui bahwa partisipasi masyakarat sangat tinggi,”katanya, usai acara HUT Bhayangkara di Mapolres Ende, Rabu (11/7/2018).

Pos itu juga dapat menjadi pusat pengamanan jelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019 nanti.

“Kerja sama kami selama cukup bagus. Kami komitmen bersama untuk tetap menjaga keamanan termasuk untuk pemilu nanti,”tambah Kepala Desa Kolikapa, Antonius Raja.

Sementara Kapolres Ende, Achmad Muzayin menjelaskan lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan kembali sistem keamanan lingkungan terutama terhadap isu-isu yang berkembang saat ini.

Khusus bagi teroris dan orang-orang yang mencurigakan, kata Kapolres, poskamling juga sangat diperlukan di wilayah polsek.

“Di Ende ini saya mengucapkan terima kasih banyak, saya syukur alhamdulillah untuk pelaksanaan kita dari Ende dapat berjalan aman dan lancar. Ini semua atas dukungan masyarakat,”katanya.

Ia berharap agar kerja sama ini akan terus ditingkatkan sebagaimana yang pernah jalani selama ini.

 

Penulis: Ian Bala
Editor: Adrianus Aba

alterntif text