Limbah dapur di samping Warung Bakso Solo Baru, Ende, meluap hingga di jalan. Bau tak sedap pun tercium (Foto : Ian Bala/Vox NTT)

Ende, Vox NTT-Air bekas limbah dapur meluap di saluran kompleks Masjid Raya samping Warung Bakso Solo Ende. Limbah itu diduga berasal dari warung dan perumahan warga di sana.

Selain meluap ke badan Jalan Kelimutu, limbah itu menghasilkan bau yang tak sedap. Alhasil warga harus tutup hidung setiap kali melintasi wilayah itu.

“Sudah berbulan-bulan air meluap. Bau juga buat kita tidak tahan hirup,” kata Aludin warga yang melintas jalur itu, sekembali Sholat Jumat.

Tak hanya pejalan kaki, pengendara roda dua yang melintas pun mengalami hal serupa. Mereka menuduh warga setempat yang tidak menjaga kebersihan lingkungan.

“Hidup dalam kota mesti tunjuk teladan. Jangan masa bodoh begitu sampai limbah meluap. Perilaku ini perlu ditertibkan,”kata Fredy dan Shafira.

Sementara Bupati Marselinus Y.W. Petu, pada setiap kampanye beberapa waktu lalu berjanji akan memperbaiki saluran tersebut. Saluran tersebut akan dibongkar dan ditata ulang agar tidak tersumbat.

Penulis : Ian Bala

Editor: Irvan K