Roby Idong dan Romanus Woga dalam Debat Paslon Pilkada Sikka pada Jumat (1/6/2018) di Sikka Convention Center (SCC)

Maumere, Vox NTT- Hak-hak dasar warga menjadi perhatian utama bupati terpilih Kabupaten Sikka, Robby Idong dalam 100 hari pertama kerja.

Robby kepada VoxNtt.com pada Selasa (31/07/2018) menjelaskan hak-hak dasar yang siap diimplentasikan diantaranya Kartu Sikka Sehat (KSS) yang siap diakses warga.

“Kita sesuaikan sisa dana anggaran yang ada dari tahun 2018 dan dilanjutkan pada tahun 2019. Targetnya semua warga miskin yang belum mengakses kesehatan mendapatkan Kartu Sikka Sehat pada tahun 2019. Kami sudah mengantongi data penduduk yang belum memperoleh Kartu Indonesia Sehat jadi tinggal dieksekusi saja untuk pertama-tama dapatkan Kartu Sikka Sehat,” urai Robby.

Hal lain yang juga mendesak dikerjakan dalam Program 100 hari pertama adalah penataan mulai dari kota. Diantaranya Maumere Bebas Sampah dan Maumere Bebas Banjir.

Dikatakan Robby, pengelolaan sampah diurus oleh masing-masing RT (Rukun Tetangga). Dari RT akan diteruskan ke tempat pembuangan sementara (TPS).

Dari TPS pihak dari Dinas Lingkungan Hidup meneruskannya ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Nanti, kata Robby, setiap enam jam ada shift petugas juga proses pengangkutan sampah.

Sedangkan untuk Maumere Bebas Banjir, Robby mengemukakan beberapa bulan ke depan akan terjadi musim penghujan sehingga masalah banjir segera diatasi. Caranya adalah dengan membendung aliran air dari lingkar luar lalu disalurkan ke area Kali Mati yang menjadi drainase utama.

“Jika itu efektif maka dipermanenkan dengan membuat dam-dam agar air tidak terbuang percuma” terangnya.

Hal lain yang juga siap dikerjakan selain Program 100 hari pertama adalah dengan memperbaiki infrastrukur jalan wilayah Selatan dan membuka Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah kecamatan Doreng.

“Sikka ini dari timur, barat dan utara sudah ada akses yang lumayan bagus bagi petani jadi kita mulai dari Selatan sambil tetap memperhatikan semua wilayah,” jelas Robby.

Robby menambahkan ke depan Maumere harus jadi wilayah agropolitan yang tumbuh dan berkembang karena berjalannya sistem dan usaha agribisnis.

Lukas Lado, warga kota Maumere mengapresiasi rencana kerja 100 hari bupati terpilih. Menurut Lukas wilayah selatan kabupaten Sikka memang perlu dibuka sebuah lembaga pendidikan khususnya SMA.

“Kalau buka SMA saya dukung sekali dan itu terobosan yang top sekali dari pak bupati” kata Lukas.

Penulis: Engky Ola