Pegiat Yayasan Alfa Omega, Viktor Mesakh (Foto: Istimewa)

Maumere, Vox NTT- Meskipun tidak diusung oleh partai politik, pasangan independen alias ‘Paket KTP’ yang menang dalam Pilkada dinilai tidak akan kesulitan mendapatkan dukungan partai di parlemen.

“Entah dari jalur parpol atau independen sekalipun, siapa pun yang menang akan didekati semua pihak ibarat magnet,” terang pegiat Yayasan Alfa Omega Kupang, Viktor Mesak kepada VoxNtt.com, belum lama ini.

Menurutnya, dukungan parlemen tergantung pada kepiawaian bupati dan wakil bupati terpilih dalam membangun komunikasi politik. Terkait potensi oposisi, Viktor menilai tidak ada oposisi sejati dalam politik.

“Semua oposisi itu kan ada terkait kepentingan politik,” terangnya.

Tidak hanya itu, menurutnya semua orang harus berhenti melihat pemimpin dari jalur independen dengan kaca mata kuda.

“Bukan rahasia bahwa politisi-politisi kita itu oportunis, jadi semua akan merapat ke siapa pun yang menang,” tandasnya.

Viktor Mesak sebelumnya pernah mencalonkan diri sebagai bakal calon wali kota Kupang pada tahun 2017 lalu. Bersama bakal calon wakil, Viktor Manbait, keduanya maju melalui jalur independen. Akan tetapi, verifikasi KPU menggagalkan perjuangan mereka.

Pilkada Sikka 2018 yang baru lalu ini pun diwarnai keraguan terhadap paslon independen, Robi Idong dan Romanus Woga. Meski demikian, keduanya akhirnya keluar sebagai pemenang Pilkada Sikka.

 

Penulis: Are de Peskim
Editor: Adrianus Aba