Pengurus PMII Kupang pose bersama usai penggalangan dana (Foto: Dok. PMII Kupang)

Kupang, Vox NTT- Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kupang menggelar aksi penggalangan dana untuk korban gempa bumi Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penggalangan dana ini dilakukan di Lampu Merah Eltari Kota Kupang, Selasa (07/08/2018), sekitar pukul 10.00- 18.00 Wita.

Ketua Umum Pengurus Cabang PMII Kupang, Hasnu Ibrahim mengatakan, pengalangan dana merupakan aksi kemanusian, sosial, rasa solidaritas dari organisasi itu untuk korban gempa di Lombok.

Penggalangan dana ini, lanjut Hasnu, yakni untuk membantu dan meringankan beban penderitaan korban gemba bumi yang terjadi pada tanggal 29 Juli dan gempa susulan 5 Agustus 2018 lalu.

“Aksi penggalangan dana oleh PMII Cabang Kupang ini akan dilaksanakan selama tiga (3) hari secara berturut-turut, dari tanggal 7 sampai 9 Agustus 2018 nanti,” kata Hasnu.

Hasnu melanjutkan, aksi ini dilakukan secara spontan oleh anggota dan kader PMII Kupang ketika mendengar gempa bumi yang menimpa pulau lombok NTB.

Dia menambahkan, PMII merupakan organisasi yang memiliki nilai-nilai, yakni keislaman, kemahasiswaaan, kemasyarakatan dan kebangsaan.

“Tentu aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh PMII Kupang pada hari ini tidak terlepas dari amanat nilai-nilai eksistensi dari organisasi ini,” ujar Hasnu.

Yasir Arafat, Sekretaris Umum PMII Kupang menyampaikan, sistem pendistribusian keuangan akan dilakukan oleh PMII Kupang dan secara langsung ke nomor rekening pengurus besar (PB PMII) di Jakarta.

“Karena aksi yang dilakukan oleh PMII Kupang pada hari ini tidak terlepas dari surat intruksi PB PMII yang menyerukan kepada seluruh Pengurus Koordinator Cabang (PKC) dan Pengurus Cabang PMII se – Indonesia untuk melakukan aksi penggalangan dana korban gempa bumi Lombok NTB,” jelasnya.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Kupang yang begitu antusias dan massif dalam membantu atau mengulurkan tangannya guna meringankan beban penderitaan saudara-saudari kita di Lombok NTB,” tambah Yasir.

Rukmini Suharti, salah satu anggota aksi mengaku, penggalangan dana adalah suatu upaya yang dilakukan PMII Kupang sebagai manifestasi dari Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII.

“Kami sangat begitu antusias dalam melakukan aksi ini, kami diajarkan untuk bagaimana peka terhadap dinamika-dinamika yang berkembang di sekitar kami. Tentu doktrinal ini adalah suatu keharusan yang akan dilakukan oleh setiap anggota dan kader PMII,” katanya.

Bentuk kepekaan dan rasa solidaritas PMII, lanjut dia, dengan melakukan aksi gerakan seribu dan gerakan koin. PMII peduli Lombok dan kemanusian. Itu sama artinya peduli kepada Sang Pencipta.

“Kami berharap, seluruh elemen masyarakat Kota Kupang akan mengulurkan sebagian rizkinya guna meringankan beban penderitaan para korban gempa bumi Lombok,” harap Rukmini.

 

Penulis: Tarsi Salmon
Editor: Adrianus Aba