Robi Idong saat menemui pendukungnya di Doreng pada Rabu (1/8/2018) lalu. (Foto: Are/Vox NTT)

Maumere, Vox NTT– Doreng bakal menjadi kecamatan yang beruntung. Pasalnya, rumah sakit tanpa kelas akan dibangun di kecamatan yang terletak di selatan Kabupaten Sikka itu.

“Kita akan bangun rumah sakit tanpa kelas di Doreng. Namanya Rumah Sakit Pratama yakni Rumah Sakit Tipe B yang akan melayani Bola, Doreng, Mapitara dan Hewokloang,” ujar Bupati terpilih Sikka, Robi Idong pada Rabu (01/08/2018) lalu di Edat, Doreng, Kabupaten Sikka.

RobiĀ  mengaku telah berkunjung ke Kulonprogo dan melihat langsung pelayanan rumah sakit tanpa kelas di sana.

“Di sana pasien BPJS kelas III tetap dapat pelayanan yang mewah sama seperti yang lain,” ungkap Robi.

Dia menambahkan, pembangunan rumah sakit tanpa kelas akan diikuti dengan pembangunan pasar, terminal dan sekolah unggulan.

Tujuannya untuk menciptakan pusat ekonomi baru di wilayah selatan. Dia menyebutnya dengan istilah agropolitan atau kota kecil berbasis produksi pertanian.

Rumah sakit tanpa kelas dan penciptaan agropolitan merupakan janji kampanye Robi Idong dan wakilnya, Romanus Woga (Paket ROMA).

Robi menghimbau masyarakat setempat agar bersedia menjual lahannya dengan harga wajar demi kepentingan pembangunan.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Doreng, Ignasius Uma Iri, mengajak segenap rakyat Kecamatan Doreng agar tidak tinggal diam.

Menurutnya memilih ROMA saja tidak cukup. Rakyat harus aktif dalam pembangunan di desa mulai dari perencanaan sampai dengan pengawasan.

Penulis: Are De Peskim

Editor: Irvan K