Acara pembukaan Baksos Operasi Katarak Gratis di RS.Mariianum Halilulik (Foto: Marcel/Vox NTT)

Atambua, Vox NTT-MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih bekerjasama dengan Rumah Sakit Marianum Halilulik, kecamatan Tasifeto Barat Belu menggelar bakti sosial (baksos) operasi gratis katarak.

Kegiatan operasi katarak ini diperuntukan bagi warga masyarakat perbatasan di daerah Atambua dan sekitarnya, Jumat hingga Minggu (10-12/08/2018).

Kegiatan baksos ini merupakan lanjutan dari kegiatan pemeriksaan mata yang telah dilaksanakan untuk masyarakat di wilayah Komunitas Adat Terpencil (KAT) Desa Maudemu, kecamatan Lamaknen, Belu.

Dalam kegiatan baksos kali ini, akan ada 50 orang pasien yang akan diperiksa dan dioperasi. Mereka terdiri dari sekitar 12 orang pasien dari KAT Maudemu dan 38 orang pasien katarak dari daerah Atambua dan sekitarnya.

Kepala rumah sakit Marianum Halilulik, dr. Fabianus Lau menyampaikan, baksos operasi katarak gratis masal ini merupakan layanan yang sudah lama dinantikan  masyarakat perbatasan, mengingat adanya keterbatasan dokter spesialis yang ada di rumah sakit.

“Kegiatan layanan operasi katarak ini sudah lama dinantikan masyarakat karena keterbatasan dokter spesialis sehingga operasi katarak gratis ini sangat dimanfaatkan masyarakat” jelas Fabuanus kepada awak media di sela-sela kegiatan.

Ani Iriani perwakilan dari kementerian sosial berharap, kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan karena sangat membantu masyarakat pra-sejahtera.

“Selain kerjasama antara kementerian sosial dengan MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih sudah berlangsung cukup lama, kami juga mengharapkan ke depannya ada sinergisitas dalam pelaksanaan program dari MNC Peduli dengan Kementerian Sosial” ujar Ani.

Terpisah, Ketua Harian MNC Peduli, Syafril Nasution menyampaikan bahwa kegiatan sosial berupa operasi katarak yang diselenggarakn di Atambua ini merupakan wujud kepedulian MNC Peduli terhadap masyarakat Indonesia khususnya masyarakat perbatasan di Belu.

“Aspek kesehatan sosial yang dibutuhkan masyarakat sangat dinanti dan dibutuhkan. Kami akan terus dan tetap fokus tentang kepedulian pada program kesehatan yang memberikan dampak positif. Di samping pelaksanaan operasi katarak ini, kegiatan lain akan tetap dijalankan seperti bantuan pemberian alat kesehatan, kaki palsu, alat bantu dengar maupun bantuan lain seperti keagamaan, pendidikan hingga bantuan infrastruktur di daerah-daerah terpencil seperti pembangunan jembatan yang menghubungkan beberapa desa” ujar Nasution.

Untuk diketahui, kegiatan baksos ini terselenggara berkat bantuan pemirsa yang telah ikut berdonasi. Pada kesempatan itu, Nasution juga mengajak masyarakat untuk turut memberikan donasi melalui rekening Yayasan Jalinan Kasih melalui : MNC BANK 100-01-00000-9851-5, MANDIRI 103-00099-0000-8, BRI 0206-01-005001-30-8, BCA 681-5088-119.

Penulis:Marcel Manek

Editor: Irvan K