Pemotongan kue dalam rangka ulang tahun yang ke 16 keragaman Burung di Indonesia (Foto: Selo)

Labuan Bajo, Vox NTT– Komunitas  burung Indonesia wilayah Flores di Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat mengadakan kegiatan Bakti Sosial pada Sabtu, (11/08/2018).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka merayakan hari ulang tahun keragaman burung di Indonesia yang ke 16.

Kegiatan ini dimulai pukul 06.00 Wita, dengan melibatkan masyarakat, pemerintah daerah, dan  organisasi masyarakat.

Kegiatan dimulai dengan bersih lingkungan di RT.08 dan RT.03 kampung Wae Mata, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Selain itu juga, ada kegiatan penanaman pohon, sosialisasi kesehatan, dan diskusi.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula wakil Bupati Manggarai Barat, Maria Geong, Kepala dinas BLH, dan Kepala Puskesmas Komodo.

Kegiatan ini dibuat sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar serta mendeklarasikan RT.08 dan RT.03 sebagai RT model wilayah penjagaan dan ramah kepada burung.

Tiburtius Hani, Manager Pondok Kerja Manggarai Barat dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini juga dibuat karena lingkungan yang bersih juga menjadi tempat ternyaman buat tempat tinggal burung yang jumlahnya mencapai 1771  jenis di seluruh Indonesia.

Tiburtius menambahkan lingkungan bersih tidak hanya menciptakan lingkungan aman tetapi juga menjadikan lingkungan ramah untuk burung yang mau tinggal bersama kita.

Maria Geong, wakil bupati Manggarai Barat, mengatakan pemerintah sangat senang dan bangga dengan adanya kegiatan ini karena langsung menyentuh masyarakat.

“Kami sangat mendukung penuh”,ungkapnya.

Maria menegaskan sebagai model RT bersih dan ramah burung, lingkungan tersebut harus menjaga kelestarian burung yang ada di sekitar.

Penulis: Sello Jome

Editor: Irvan K

alterntif text