Ribuan warga sementara memadati lapangan bola volley yang digelar di depan kantor camat Insana Utara (Foto: Eman Tabean/VoxNTT)

Kefamenanu,VoxNTT- Perayaan HUT RI ke-73 pada 17 Agustus 2018 di wilayah perbatasan RI-RDTL, tepatnya di Wini, Kecamatan Insana Utara, TTU berlangsung semarak.

Pantauan VoxNtt.com , tampak ribuan warga yang berasal dari 5 desa di kecamatan tersebut memadati halaman depan kantor camat yang sementara menggelar pertandingan bola volley.

Meski terik matahari begitu menyengat, ribuan warga enggan meninggalkan lapangan bola volley.

Kandido Meko, Ketua panitia perayaan HUT RI ke-73 tingkat kecamatan Insana Utara saat diwawancarai VoxNtt.com menjelaskan, ada sejumlah kegiatan yang digelar menyambut hari jadi NKRI itu.

Itu diantaranya; pertandingan bola volley putra-putri dan bola kaki.

Selain itu juga digelar perlombaan bonet, fashion show dan karnaval budaya.

“Karnaval budaya ini kita lakukan kemarin tanggal 16, kita libatkan semua etnis dari seluruh Nusantara yang ada di Kecamatan Insana Utara,” jelasnya.

Meko menjelaskan, pendanaan kegiatan berasal dari sumbangan sukarela dari ASN, TNI dan Polri.

Sementara untuk hadiah lomba bola volley dan bola kaki, jelasnya, ditanggung oleh anggota DPRD TTU Mikhael Sanak.

“Untuk bola volley dan bola kaki, itu hadiahnya berupa uang tunai yang totalnya hampir Rp 10 juta dan piala tetap, itu semua bapak dewan Mikhael Sanak yang tanggung sudah 3 tahun berturut-turut ini,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Insana Utara Dominikus Sio mengatakan, pelaksanaan sejumlah egiatan tersebut bertujuan agar tbisa menggelorakan semangat nasionalisme bagi warganya.

“Kita ini wilayah perbatasan, jadi semangat nasionalisme itu harus terus kita gelorakan,” tuturnya.

 

Penulis: Eman Tabean
Editor: Ardy Abba

alterntif text