Viktor Bungtilu Laiskodat dan Yosef A. Nae Soi, Gubernur dan Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023 (Foto: Istimewa)

Larantuka, Vox NTT-Para petani di Kabupaten Sikka dan Flores Timur menaruh harapan besar kepada gubernur dan wakil gubernur NTT periode 2018-2023, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Yosef A. Nae Soi yang dilantik pada Rabu kemarin, 5 September 2018.

Para petani berharap misi Paket Victory-Joss meningkatkan pembangunan di semua sektor dalam rangka pemberdayaan ekonomi rakyat benar-benar diwujudkan.

Agustina Supriyatin, Ketua kelompok Mekar Tani Magepanda Kabupaten Sikka berharap nasib petani bisa diperjuangkan.

“Semoga gubernur dan wakil bisa memperhatikan nasib kami petani. Saat ini kami lagi mengurus kebun jagung jadi semoga harga jagung yang dibeli oleh dinas pertanian yang sebelumnya Rp 7.100/kg bisa naik sampai dengan Rp 7.500/kg,” ujar Tin, sapaan Agustina Supriyatin.

Di kelompok Mekar Tani, kata dia, tahun 2018 mengelola lahan jagung lamuru sebanyak 20 hektare.

Sebab itu, dia berharap gubenur dan wakil gubernur NTT bisa mengatur harga yang muaranya untuk menolong para petani.

Harapan Tin juga seirama dengan anggota kelompok taninya, Vincensia Bonivansia.

“Kami ini perempuan petani pak. Kali ini saya dan suami mengolah 1 hektare kebun jagung. Harapan kami semoga harga jagung bisa diatur oleh bapak gubernur dan wakil agar mencapai Rp 7.500/kg,” kata Vincensia.

Antonius da Lopez, petani asal Hokeng Flores Timur yang baru saja memanen jagung komposit di atas lahan seluas 10 hektare juga berharap Paket Victory- Joss bisa memperhatikan secara khusus para petani di wilayah Boru Kecamatan Wulanggitang, Flotim untuk mengolah lahan tidur.

Ia berharap Pemprov NTT bisa mendorong dan menyuport alat pertanian seperti hand tractor.

“Kami di Wulanggitang sudah ada desa yang BUMDesnya mengurus pupuk bersubsidi jadi para petaninya bisa disuport dengan perlatan seperti hand tractor itu pak. Satu lagi semoga harga jagung bisa tembus Rp. 8000/kg,” katanya.

Veronika Hape Watu, pegawai penyuluh pertanian dari Kecamatan Wulanggitang Flotim meyakini bahwa Victory-Joss sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih pasti punya konsep yang bagus untuk memberdayakan petani.

Terkait permintaan soal harga jagung dinaikan Vero mengaku para petani memang layak untuk diperhatikan.

“Saya kira wajar-wajar saja kalau mereka minta harga jagung dinaikan,” imbuhnya.

 

Penulis: Engky Ola

alterntif text