Salah satu sesi materi dalam Pelatihan Jurnalistik oleh Aliansi Wartawan Sikka pada Kamis (9/2/2017) di Nara Room, Maumere

Maumere, VoxNtt.Com- Momentum peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada Kamis (9/2/2017) dimanfaatkan para wartawan di Sikka untuk membagikan ilmu jurnalistik kepada para pelajar SMA di Kota Maumere.

Para wartawan yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Sikka (AWAS) menggelar Pelatihan Jurnalistik pada Kamis (9/2/2017) di Nara Room yang dihadiri oleh puluhan pelajar SMA/SMK/MA di Kota Maumere.

Koordinator AWAS, Ruben Suban Raya menyatakan pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia pers kepada para pelajar sehingga sedini mungkin mereka bisa mengetahui seluk beluk dunia pers.

“Harapannya setelah mereka mengikuti ini mereka bisa memahami bukam hanya teknis pemberitaan melainkan juga hal-hal etis dan normatif yang berkaitan dengan pers,” ungkap wartawan TVRI ini kepada VoxNtt.Com di sela-sela pelatihan.

Sejalan dengan Ruben, Sekretaris AWAS, Vicky da Gomez menegaskan pelatihan ini penting untuk mendorong minat para pelajar akan kerja-kerja pers.

“Anak-anak muda harus dilibatkan dalam aktivitas yang positif salah satunya dengan menyebarluaskan informasi,” ungkap Vicky.

Vicky menambahkan bentuk paling sederhana yang bisa dilakukan para pelajar adalah dengan memanfaatkan facebook atau media sosial lainnya yang sering digunakan anak muda untuk menyebarluaskan informasi.

Tujuannya adalah agar para pelajar pun dapat turut mengawasi pembangunan.

“Mereka nantinya bisa berparktek di sekolah masing-masing atau di lingkungan tempat tinggal mereka,” ujarnya.

Dalam pelatihan ini, para pelajar akan difasilitasi oleh sejumlah wartawan untuk belajar khusus mengenai pers.

Selain itu, ada pula materi-materi pengantar dari Dinas Kominfo Sikka, Polres Sikka, Kodim 1603 Sikka, DPRD Sikka, dan Lanal Maumere.

Pelatihan Jurnalistik yang dibuka oleh Bupati Sikka, Ansar Rera ini juga merupakan bagian dari peringatan ulang tahun ke-1 AWAS yang jatuh pada (14/2/2017).

Sebelumnya, pada Jumat (3/2/2017) lalu AWAS bersama-sama dengan sejumlah elemen baik itu instansi pemerintahan maupun non pemerintahan di Sikka melakukan bakti sosial membersihkan drainase sepanjang Jl. Raja Centis, Maumere. (Are/VoN).

alterntif text