Home / Berita Terkini / Kades Bangka Ruang Bersama Warganya Buka Jalan Baru
Warga sedang bekerja membuka jalan baru yang menghubungkan dusun Rongkam dengan dusun Wontong, Desa Ruang

Kades Bangka Ruang Bersama Warganya Buka Jalan Baru

Ruteng Vox NTT- Marselinus Janggur, Kepala Desa Ruang Kecamatan Rahong Utara Kabupaten Manggarai bersama warganya membuka jalan baru.

Aksi tersebut merupakan implementasi Program Kementrian Desa untuk membuka akses yang masih terisolir.

Kades Bangka Ruang, Marselinus Janggur mengatakan, pembangunan jalan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan salah satu cara memberikan dorongan dan motivasi untuk memperluas program padat karya tunai.

Pembukaan jalan baru tersebut kata dia, yaitu jalur yang menghubungkan dusun Rongkam dengan dusun Wontong.

Warga yang ikut bekerja membuka jalan baru yakni berasal dari 4 RW dan 8 RT. Lalu, akses jalan di dua dusun tersebut penting karena potensi ekominya cukup bagus.

“Pertama adalah sebagai tempat perluasan pemukiman warga, Kedua sebagai akses ke tempat wisata Rondep yang belum dieksplor, ketiga warga dengan mudah mengangkut material seperti batu, pasir dan hasil pertanian. Program ini merupakan wujud nyata demi pembangunan dan peningkatan ekonmi masyarakat di desa Ruang,” jelas Janggur kepada VoxNtt.com, Selasa malam (24/04/2018).

Kades Janggur menyatakan, sebagai motivator dirinya harus mampu memberikan arahan, bimbingan, sosialisasi motivasi dan dorongan kepada warga untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan di desa.

Sebagai pemerintah desa, dia meminta dukungan dan keberpihakan masyarakat untuk terus mendorong meningkatkan pembangunan di Desa Ruang.

Kades Janggur mengatakan, tidak ada kendala dalam pembukaan jalan baru karena masyarakat telah menandatangani berita acara pembebasan lahan.

Libertus Lesing, pemerhati pembangunan desa yang juga pemuda asal Rahong Utara mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas perjuangan Kades Bangka Ruang dalam membangun desa. Itu terutama dalam membangun kerja sama dengan bawahannya dan masyarakat pada umumnya.

“Harapannya ke depan agar bagaimana kemudian masyarakat se-kecamatan Rahong Utara bahwa desa Bangka Ruang dijadikan sebagai pola bagi desa lain di kecamatan itu,” tukas Libertus.

 

KR: Leonardus Jehatu
Editor: Adrianus Aba

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Politisi Hingga Artis Nasional Akan Hadir Kampanye Akbar Paket MJ

Ende, Vox NTT-Para politisi nasional akan ditampilkan sebagai juru kampanye (jurkam) pada kampanye akbar paslon …