Peserta training bakal calon legislatif 2019 saat pose bersama (Foto: Esti Odot)

Kupang, Vox NTT- International Republican Institute (IRI) menggelar training khusus bakal calon legislatif DPR RI, DPR Kabupaten/kota NTT dengan mengusung tema “Pemilu 2019 menang bersama perempuan”.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 24-25 Mei 2018 itu bertempat di Hotel Swiss Kota Kupang.

Kegiatan training itu dihadiri lebih dari 60 peserta perempuan utusan dari 20 partai politik peserta pemilu. Ke-60 peserta tersebut merupakan bakal calon legislatif tahun 2019 mendatang.

Delima Saragih, Program Manager LSM IRI mengatakan, perempuan itu tidak hanya bermodalkan kecantikan, kekayaan, nama besar atau pengumbar janji.

Tetapi kemampuan melayani dengan mengedepankan kualitas diri yang bisa membawa perubahan bagi NTT, khususnya bagi dapil yang diperjuangkan.

“Kalau perempuan hanya menang cantik, kaya atau nama besar keluarga semua orang bisa. Tetapi itu akan luntur tidak akan bertahan memikul perjuangan rakyat. Kemampuan dirimulah yang bisa ditunjukkan untuk berjuang bersama,” kata Delima.

Ketua KPU NTT, Maryanti Adoe dalam penyampaian materinya turut mensosialisasikan UU Pemilu yang baru.

Maryanti juga menjelaskan syarat dan ketentuan baru yang wajib dipenuhi Bacaleg saat mendaftar dan memotivasi perempuan yang hadir.

Frans Muskanan, pemateri lain dalam kegiatan itu mengatakan, tahun 2018 dan 2019 adalah tahun demokrasi.

Sebab itu, setiap warga Negara mempunyai kesempatan yang sama untuk memilih atau dipilih.

“Jadi, caleg termasuk perempuan. Perempuan wajib mempunyai peta politik untuk menanggapi isu-isu strategis di NTT dan memberi solusi pada saat mensosialisasikan diri. Saya sangat mendukung jika perempuan semakin maju,” ujar Frans.

Sementara itu, Yesti Kandida Odot salah satu peserta training mengatakan, kesiapannya untuk maju di Pileg 2019 mendatang meskipun dari partai baru yakni, Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Saya siap bertarung jika diberi kesempatan oleh partai,” kata Odot.

Dia melanjutkan, komitmen berjuang dan melangkah bersama rakyat adalah kewajiban bersama untuk memahami apa yang dibutuhkan.

Bakal calon legislatif DPRD Provinsi NTT dari daerah pemilihan IV, Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur ini mengharapkan agar kegiatan itu bisa menjadi teladan positif untuk kemudian diteruskan kepada masyarakat.

“Mohon dukungannya, semoga alam semesta merestu, dan ingat jangan lupa membuat e- KTP dan daftarkan diri sebagai pemilih,” tutup Odot.

Untuk diketahui, bulan Agustus 2018 mendatang IRI akan mengadakan training lanjutan khusus bagi Bacaleg perempuan yang sudah sah.

 

 

Penulis: Tarsi Salmon
Editor: Adrianus Aba

alterntif text