Ketua Kopdit Sangosay, Rinu Romanus (Foto: Istimewa)

Bajawa, Vox NTT- Koperasi kredit (Kopdit) Sangosay menggelar lokakarya dan penguatan bagi pengawas, pengurus cabang, kelompok dan manajemen seluruh cabang di Aula Kantor Pusat di Bajawa, Kabupaten Ngada, Jumat (01/06/2018).

Lokakarya dengan tema “penguatan kapasitas fungsionaris Kopdit demi kualitas pelayanan” tersebut dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Sangosay ke-35.

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Ketua Kopdit Sangosay Rinu Romanus.

Rinu Romanus dalam sambutannya menjelaskan, lokakarya dan penguatan bagi pengurus dan manajemen bertujuan untuk memperkuat kerja sama, serta saling menolong antar satu sama lain demi kesejahteraan anggota.

Menurut dia, Sangosay adalah salah satu Kopdit yang sukses dan masuk peringkat II nasional.

Keberhasilan ini bukan untuk senang-senang, tetapi menjadi tantangan dan cambuk untuk terus berjuang menjadi koperasi yang lebih baik.

Romanus menegaskan, perjuangan meraih juara lebih mudah ketimbang mempertahankan. Karenanya pengurus dan manajemen terus diperkuat.

Dia menambahkan, prestasi yang diraih tersebut merupakan akumulusi perjuangan sejak dahulu dari generasi ke generasi.

Perjuangan para pendiri dan prestasi yang boleh diraih, kata dia, bukan kerja individu. Tetapi prestasi peringkat II nasional tersebut merupakan perjuangan bersama.

Sejak dahulu Kopdit Sangosay menapaki tangga demi tangga menuju koperasi harapan bukan saja lokal tetapi untuk nasional.

“Juara bukan tujuan tetapi kehadiran koperasi memberi manfaat demi meningkatakan kesejahteraan anggota,” tegas Romanus.

Dia melanjutkan, Kopdit Sangosay tidak melupakan spirit yang diletakan oleh pendiri dan pendahulu.

“Cara kita berterima kasih kepada mereka adalah meneruskan spirit perjuangan mereka,” tegas Romanus.

Hal yang sama juga disampaikan Lipus Lusi Wakil Ketua Kopdit Sangosay.

Di sela-sela kegiatan, Lusi mengatakan, kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk memperkuat fungsionaris dalam tugas dan panggilan sebagai misi pelayanan.

Selain itu, kata dia, lokakarya juga bertujuan untuk menumbuhkan spirit dan nilai yang sudah ditanamkan pendahulu dan pendiri Kopdit Sangosay.

“Ini sekaligus melakukan periodisasi penghubung dan pengurus kelompok di tiap cabang dan wilayah di mana Sangosay ada,” pungkas Lusi.

Untuk diketahui, kegiatan hari pertama berpusat di Aula Kopdit Sangosay Kantor Pusat.

Kegiatan pertama diisi dengan Lokakarya dan penguatan bagi pengawas, pengurus cabang, kelompok dan manjemen Sangosay.

Kegiatan berlangsung selama dua hari, sejak 1 hingga 2 Juni 2018 dengan melibatkan manajemen dari seluruh cabang dan tim pengurus dan pelancar selingkup Sangosay dari
12 cabang.

Ke-12 cabang yang terlibat yakni; Cabang utama Bajawa, Cabang Pembantu Bajawa, Cabang Ruteng, Cabang Labuan Bajo, Cabang Pembantu Borong, Cabang Pembantu Aeramo, Cabang Pembantu Ruteng, Cabang Ende, Cabang Waingapu, Cabang Tambolaka, dab Cabang Kupang.

Jumlah peserta sebanyak 500 orang yakni dari pengurus dan manajemen dari tiap-tiap cabang.

Kegiatan hari kedua, Sabtu 2 Juni yakni road show seluruh fungsionaris Kopdit Sangosay ke beberapa destinasi wisata di Kabupaten Ngada.

 

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Adrianus Aba