Ilustrasi Pilgub NTT

Larantuka, Vox NTT- Lima hari menjelang  Pilgub NTT,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Flores Timur (Flotim) masih mengalami kekurangan surat suara sebanyak 260 lembar.

Ketua KPU Flotim, Ernesta Katana mengungkapkan jumlah surat suara yang dikirim dari KPU NTT masih kurang kebutuhan di Flotim.

Sebab lain kekurangan ini karena adanya kerusakan pada surat suara.

“Surat suara yang dikirim dari Provinsi (NTT) memang kurang dari jumlah DPT di Flotim. Adapun penyebab lain dari kekurangan ini adalah kerusakan pada surat suara. Hasil sortir surat yang dilakukan, ditemukan sebanyak 80 surat suara yang mengalami kerusakan. Dari jumlah surat suara yang dibutuhkan dan jumlah surat suara yang rusak diketahui sebanyak 260 lembar surat suara yang masih kurang,” jelas Ernesta ketika dijumpai VoxNtt.com saat melakukan pengelolan logistik pemilu di aula Gelanggang Olahraga (Gor) Larantuka, Jumat (22/06/2018)

Ernesta mengatakan, kekurangan surat suara ini sudah dilaporkan kepada KPU NTT

Pihaknya memastika 260 lembar surat suara yang rusak akan  didistribusikan oleh KPU Provinsi pada Minggu, 23 Juni nanti.

Menurut dia, kekurangan surat suara ini tidak menjadi masalah. Sebab 260 surat suara ini teralokasi pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di dalam wilayah Kecamatan Kota Larantuka.

Ernesta menjelaskan, jumlah DPT untuk Pilgub NTT di Flotim sebanyak 150.482 dan tersebar di 439 TPS, 250 desa, dan 19 kecamatan.

Kendati jelang 5 hari Pilgub NTT digelar, dirinya optimis bahwa proses pendropingan logistik dan penyelenggaran pemilu dapat berjalan dengan baik.

Direncanakan pada tanggal 25 Juni nanti akan dilakukan proses pendropingan surat suara.

Ernesta mengimbau kepada semua pihak untuk menjaga agar proses penyelenggaraan Pilgub NTT dapat berjalan baik.

Dikatakannya proses penyelenggaraan pemilu dapat berjalan dengan baik merupakan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat.

 

Penulis: Sutomo Hurint
Editor: Adrianus Aba

alterntif text