Home / VOX POPULI / KADES / Kades Terpilih Desa Momol Pertanyakan Surat Undangan Sekda Mabar

Kades Terpilih Desa Momol Pertanyakan Surat Undangan Sekda Mabar

Labuan Bajo, VoxNtt.com-Kepala Desa (Kades) Momol,Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Yuvensius Maldi, yang baru-baru terpilih pada Pilkades Serentak September 2016 lalu, mempertanyakan surat undangan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Mabar, Mbon Rofinus tertanggal 16 Desember 2016 tentang undangan rapat dengan agenda penanganan pengaduan masyarakat terkait Pilkades di Desa Momol.

“Tidak ada masalah pada Pilkades di Desa Momol pada 28 September 2016 lalu. Empat Calon Kades Momol semuanya menyepakati hasil Pilkades Momol dengan dibuktikan semua calon menandatangani berita acara hasil pemilihan Kades.” Kata Maldi.

Dirinya mengaku heran, Sekda Mabar mengeluarkan undangan untuk rapat terkait pengaduan masyarakat tentang Pilkades di Desa Momol.

“Masyarakat yang mana, yang mengadu? Seharusnya dalam Perda dan Perbub, hanya calon kades saja yang boleh melakukan keberatan bukan masyarakat. Sehingga, kita memepertanyakan surat undangan rapat dari Sekda Mabar itu,’’ Ujar Yuvensius Maldi kepada sejumlah wartawan, baru-baru ini di Labuan Bajo.

Sebelumnya, Sekda Mabar, Mbon Rofinus, Jumat (16/12) mengeluarkan surat undangan rapat kepada Yuvensius Maldi,selaku Kades terpilih Desa Momol untuk mengikuti rapat tanggal 22 Desember dengan agenda rapat penanganan pengaduan masyarakat Desa Momol terkait Pilkades Momol.

Terkait surat undangan dari Sekda Mabar itu, Kades Momol terpilih, Yuvensius Maldi mengaku keberatan dan menduga ada upaya secara sepihak oleh orang-orang tertentu yang mau berupaya membatalkan pelantikan terhadap dirinya.

Padahal, seharusnya, sesuai regulasi, jika ada calon kades yang merasa keberatan dengan hasil Pilkades 28 September 2016 lalu, harus mengisi Format C2 atau Format keberatan.

Tetapi, saat itu, semua calon yang kalah menerima hasil Pilkades dan mengakui dirinya menjadi pemenang dalam Pilkades Momol.

“Kenapa baru sekarang ada masyarat mengadu terkait adanya masalah pada Pilkades Momol. Padahal sesuai fakta, Pilkades Momol tidak ada masalah dan semuanya aman,” tutur Yuvensius Maldi.

Untuk diketahui, Yuvensius Maldi terpililih sebagai Kades Momol dengan meraih suara 159 suara. Dia menang dengan beda 1 suara dengan calon Wihelmus Almin yang memperoleh suara 158 suara.

Pada Pilkades Momol ini diikuti oleh Empat Calon Kades. Hasil Pilkades Momol dikemudian hari oleh Wihelmus Almin yang merupakan Mantan Kades Momol periode lalu itu merasa keberatan.

Namun, keberatan yang disampaikan Wihelmus kepada Panitia Pilkades tingkat Kabupaten ditolak. Panitia Pilkades Kabupaten tetap mengeluarkan keputusan bahwa Pilkades Momol tidak ada persoalan. (VoN)

Foto Feature: Illustrasi

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

NERA: Pendidikan Gratis Harus Mulai di NTT

Borong, Vox NTT-Pasangan Bonifasius Uha dan Fransiskus Anggal, calon bupati dan wakil bupati Manggarai Timur …