Kegiatan coklit KPU Kabupaten Manggarai, Sabtu, 20 Januari 2018 di SLB Karya Murni Ruteng (Foto: Adrianus Aba/Vox NTT)

Ruteng, Vox NTT- Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap data daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) secara serentak di daerah yang akan menyelenggarakan pilkada serentak 2018.

Di Kabupaten Manggarai, hari ini, Sabtu (20/01/2018), KPU setempat menggelar coklit di Sekolah Luar Biasa (SLB) Karya Murni Ruteng.

Pantauan VoxNtt.com, Komisioner KPU Kabupaten Manggarai bersama beberapa stafnya tiba di sekolah tersebut sekitar pukul 11.30 Wita.

Mereka datang didampingi oleh dua orang anggota Panwaslu Kabupaten Manggarai, masing-masing, Fortunatus H Manah dan Herybertus Harun.

Saat kegiatan coklit, para siswa, karyawan, dan pimpinan SLB Karya Murni Ruteng tampak antusias. Setelah sosialisasi, dilanjutkan dengan kegiatan coklit.

Tomi Hartono, salah satu Komisioner KPU Kabupaten Manggarai kepada sejumlah awak media di sela-sela kegiatan tersebut menjelaskan, hajatan coklit itu dilakukan serempak seluruh Indonesia.

Menurut dia, kegiatan coklit dilakukan untuk meningkatkan pastisipasi pemilih.

Coklit juga sebagai momentum bagi masyarakat untuk mengetahui di awal apakah mereka terdaftar atau tidak dalam proses pemutahiran data.

Lalu, pemilih potensial ini akan membantu KPU dalam memviralkan informasi tentang coklit perdana, 20 Januari.

Di SLB Karya Murni kata Tomi, kegiatan coklit melibatkan sekitar 20-an lebih peserta pemilih pemula pada pemilu 2018 ini.

“Jadi hari ini, kami KPU bersama PPDP Langke Rembong. Kita memilih tokoh-tokoh tertentu untuk menjadi triger bagi yang lain,” jelas Tomi.

 

Penulis: Adrianus Aba

alterntif text