Pulau Komodo (Foto: Maritim Tours)

Labuan Bajo, Vox NTT- Para wisatawan sedang dibatasi untuk berkunjung ke Taman Nasional Komodo (TNK) lantaran cuaca buruk.

Selama cuaca buruk melanda wilayah itu, otoritas TNK hanya mengizinkan wisatawan ke Pulau Rinca, daerah lain yang juga terdapat binatang komodo.

“Untuk sementara, para wisatawan kami hanya izinkan masuk ke Pulau Rinca karena kondisi cuaca ekstrem berupa angin kencang dan gelombang tinggi masih melanda wilayah perairan sekitar Pulau Komodo,” kata Kepala TNK Sudiyono sebagaimana dilansir Antara, Rabu (31/01/2018).

Sudiyono mengatakan, tindakan itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kecelakaan di laut akibat cuaca buruk.

Menurut dia, dalam kondisi normal saja, tercatat sebanyak 300 kapal yang setiap hari berlalu-lalang melayani wisatawan di sekitar kawasan Taman Nasional Komodo, sehingga perlu dibatasi dalam cuaca buruk seperti sekarang.

“Untuk itu demi keamanan dan keselamatan wisatawan maka kami batasi areal kunjungan hingga kondisi cuaca membaik,” katanya.

Dia menambahkan wilayah perairan yang perlu diwaspadai adalah Padar Selatan dan Gili Lawak yang tengah dilanda hujan deras disertai pula petir dan angin kencang.

Sudiyono mengakui, pembatasan areal kunjungan ke TNK itu bisa berdampak pada menurunya arus kunjungan wisatawan, namun sifatnya hanya sementara untuk menjaga keselamatan para wisatawan sendiri.

 

Sumber: Antara
Editor: Adrianus Aba

alterntif text