Kupang,Vox NTT-Media online VoxNtt.com memberikan pelatihan jurnalistik kepada 12 kaum muda di Kantor Allianz, Kota Kupang, Minggu (29/07/2018).

Pelatihan tersebut diberikan oleh pemimpin Umum VoxNtt.com, Pius Rengka, pimred, Irvan Kurniawan dan redaktur pelaksana Boni Jehadin.

Selain kaum muda, pelatihan tersebut juga diikuti oleh wartawan VoxNtt.com yang bertugas di 4 kabupaten/kota sedaratan Timor.

Pemimpin Umum VoxNtt.com, Pius Rengka saat membawakan materi teknik penulisan jurnalistik menegaskan seorang jurnalis wajib memiliki komitmen serta perencanaan yang matang sebelum menjalankan tugas peliputan di lapangan.

Foto: Pemimpin Umum VoxNtt.com, Pius Rengka saat membawakan materi teknik menulis berita

Perencanaan agenda liputan tersebut dilakukan oleh reporter dan redaktur.

“Perencanaan dalam rapat bersama redaktur dan reporter itu penting sebelum turun meliput. Tujuannya agar pemberitaan hari itu tidak melenceng dari agenda setting media” tegas mantan jurnalis senior NTT tersebut.

Sementara itu, Pemred VoxNtt.com, Irvan menjelaskan kegiatan yang digelar hari ini merupakan upaya melatih kaum muda agar memahami kerja-kerja jurnalisme online.

“Tak dapat dipungkiri, revolusi dunia digital menempatkan media online untuk terus berbenah. Kita harus mempersiapkan calon wartawan muda untuk menghadapi tantangan tersebut,” terangnya.

Dalam pemaparan materinya, lulusan Ilmu Komunikasi Undana ini menjelaskan tiga unsur penting dalam pengelolaan media online. Ketiga unsur itu yakni konten, web designer dan marketing.

“Ketiganya harus kuat. Kegiatan hari ini adalah upaya menghadapi peluang dan tantangan tersebut,” jelasnya.

Penulis: Eman Tabean

Editor: Ardy Abba

alterntif text