Membuat cerita bergambar dengan tema lingkungan hidup (Foto:Sutomo Hurint/ Vox NTT)

Larantuka, Vox NTTSimpasio Institut sebuah Lembaga Arsip dan Kajian Sosial Budaya Flores Timur yang beralamat di Kelurahan Sarotari Tengah, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur (NTT) mengadakan kegiatan Kemah Literasi Sains untuk anak-anak  dari Sabtu-Minggu (15-16/09/2018).

Tema dari kemah literasi ini adalah “Jelajah Ibu Bumi”. Kegiatan ini  diikuti oleh 20 peserta dari PAUD, TK, dan SD di Larantuka.

Magdalena Eda Tukan, Manager Operasional Simpasio Institut kepada voxntt.com mengemukakan bahwa kemah literasi ini mencoba memasukan teori-teori dan praktik-praktik sains sederhana melalui permainan edukatif dan dongeng.

Permainan menebak tanggal lahir (Foto: Sutomo Hurint/ Vox NTT)

“Tim kreatif akan memberikan permainan edukatif dan mendongeng hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan. Beberapa permainan edukatif itu seperti permainan menebak tanggal lahir dengan perhitungan Matematika dan membuat cerita bergambar dengan tema lingkungan hidup, serta permainan lainnya yang merangsang anak-anak untuk mengenal dan menjaga lingkungan hidup disekitarnya,” tutur Eda.

Ocean salah seorang peserta kemah, siswa kelas dua SD Lamenais Larantuka mengatakan sangat senang dengan kegiatan kemah karena didampingi oleh tim kreatif yang sangat baik dan lucu.

“Saya sangat senang karena kami mempunyai ibu pendamping yang lucu dan baik hati”. Demikian tutur Ocean. Pantauan voxntt.com suasana kegembiraan dan nuansa edukatif begitu melekat dalam kegiatan kemah literasi ini.

Penulis: Sutomo Hurint
Editor: Engky Ola

alterntif text