Ketua Panitia MGMP, Albertus Kabung, S.Pd., M.Hum

Labuan Bajo, Vox NTT-Guru-guru bahasa Inggris di Labuan Bajo, Manggarai Barat menyelenggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang bekerjasama dengan Aminef dan Fulbright.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk English Teaching Workshop di Aula SMKN 1 Labuan Bajo selama 2 hari dari tanggal 27 sampai 28 April 2017.

Sebelum kegiatan inti dimulai, workshop ini didahului dengan acara pembukaan dengan agenda pengalungan 2 trainer dari USA dan dilanjutkan dengan sambutan panitia serta sambutan dari Halu Karolus sebagai koordinator pengawas Manggarai Barat yang mewakili UPT Dinas PPO NTT Wilayah 7 di Ruteng.

Sementara, sambutan mewakili panitia dibawakan oleh Albertus Kabung, S.Pd., M.Hum, salah satu guru SMAN 1 Komodo sekaligus Koordinator MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Manggarai Barat.

Ketua Panitia, Albert Kabung saat menyampaikan sambutan

Menurut Albertus, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas sekaligus membangun jaringan pembelajaran di antara para guru bahasa Inggris se-kabupaten Manggarai Barat.

“Mutu pembelajaran yang baik di dalam kelas akan sangat berpengaruh pada kualitas out put dari peserta didik. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah wawasan peserta tentang metode yang beragam dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya pembelajaran writing dan reading” kata lulusan paska-sarjana Linguistik Undana ini.

Kegiatan ini menghadirkan dua trainer masing- masing Mrs. Moriah Kent dari Colorado dan Mrs. Heather Phillips dari New York USA.

Pesertannya adalah guru- guru bahasa Inggris dari SMA, SMK, dan MAN sekota Labuan Bajo dan sekitarnya serta 1 peserta berasal SMA N Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai.

Peserta MGMP saat mendengarkan materi dari para trainer

English Teaching Workshop yang berlangsung selama dua hari ini mengambil topik “Reading Your Heart Out: Reading Activities that Open Doors” untuk hari pertama dan topik hari kedua adalah “Make Writing Fun: Creative Writing Activities to Inspire students”.

Sekolah-sekolah yang mengirimkan pesertanya pada kegiatan workshop ini adalah SMAN 1 Komodo (7 orang peserta), SMKN Labuan Bajo (5 orang), SMK Stella Maris Labuan Bajo ( 3 orang peserta), SMAK St Ignatius Loyola Labuan Bajo (3 orang peserta), MAN Labuan Bajo (1 orang), SMAN 3 Komodo (1 peserta), SMAN Noa (1 peserta), SMA St Klaus Werang (1 peserta), SMAN Wae Ri’i kabupaten Manggarai (1 orang) dan satu orang peserta di luar Kabupaten Manggarai Barat. (Andre/VoN).

 

alterntif text