Gudang semen Tiga Roda di Pasar Borong (Foto: Nansianus Taris/VoN)
alterntif text

Borong, Vox NTT- Keberadaan gudang semen Tiga Roda yang terletak di pusat Kota Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) dinilai meresahkan warga.

Keresahan itu terjadi karena tak jarang dari dalam gudang itu sering mengeluarkan debu semen dan berpotensi mencemarkan udara di lingkungan sekitar.

Anggota DPRD Matim, Ambrosius Don kepada VoxNtt.com di Borong, Sabtu (16/9/2017) mengaku, masyarakat termasuk dirinya yang berada sekitar gudang semen Tiga Roda resah.

Menurut Ambrosius, keberadaan gedung Tiga Roda sangat mengganggu lingkungan, terutama udara berdebu yang dihirup warga. Polusi udara berdebu itu tentu saja sangat mengganggu kesehatan warga sekitar.

Apalagi gudang semen Tiga Roda tersebut terletak di wilayah pemukiman warga. Dia juga berada dekat dengan fasilitas kesehatan dan juga ruang publik.

“Saya minta pemerintah melalui dinas teknis segera tindak tegas terkait hal ini. Evaluasi dan laksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang pergudangan,” ujar politisi Demokrat itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perizinan Matim Gonsa Tombor saat ditemui di Kantor DPRD meminta masyarakat agar segera melapor secara resmi kepada pemerintah terkait masalah pencemaran lingkungan akibat keberadaan gudang Tiga Roda.

“Saya minta buat surat pengaduan resmi kepada kami. Sehingga kami bisa langsung celk kondisi di lapangan, dan langsung ambil tindakan,” tukas Tombor. (Nansianus Taris/AA/VoN)