Kegiatan pelantikan PPL Kecamatan Satarmese Utara

Ruteng,Vox NTT– Sebanyak 11 orang Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) Desa di Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai siap menjalankan tugas.

Kesiapan mereka ditandai dengan pelantikan yang digelar di Aula Kantor Camat Satarmese Utara di Langke Majok, Senin (15/01/2018).

Ketua Pawascam Satarmese Utara Giovan Melianus Ontas dalam sambutannya mengatakan, pelantikan ke-11 PPL tersebut merupakan bagian terakhir mekanisme yang dilakukan kelompok kerja pembentukan, mengacu pada peraturan perundang-undangan.

‚ÄúPelantikan hari ini merupakan bagian tak terpisahkan dari proses dan mekanisme yang dilakukan oleh kelompok kerja pembentukan PPL desa, dan semua tahapan ini mengacu pada UU Nomor 10 tahun 2016 dan UU Nomor 7 tahun 2017,” kata Ontas.

Adapun mekanisme yang dilakukan Panwascam kata dia, diawali dengan pengumuman terbuka melalui pengumuman di semua Kantor Desa.

Kemudian, tes tertulis dan wawancara peserta yang mendaftar sampai pada pengumuman peserta yang layak menjadi PPL di desa masing-masing.

Ontas berharap, para PPL desa ini kedepanya harus benar-benar menjaga integritas dan bekerja keras. Sebab, mereka akan berhadapan langsung dengan berbagai bentuk penyelenggaraan teknis pemilu.

“PPL desa dalam tugasnya ke depan harus siap bekerja keras dan menjaga netralitas. Harus diingat, kinerja teman-teman di desa mendapat sorotan langsung dari warga, pastikan untuk kerja sesuai regulasi,” tegasnya.

Senada dengan Ontas, Ketua Panwas Kabupaten Mangggarai Marselina Lorensia yang hadir pada kegiatan ini, mengingatkan kepada semua PPL desa untuk bekerja serius dan selalu siaga setiap waktu dalam melakukan pengawasan.

“Bapa-bapa PPL desa kami minta harus komit dan siap menanda tangani surat pernyataan untuk siap bekerja setiap saat, menjadi panwas itu tidak mengenal hari libur, jam kita itu setiap saat,” ujar Lorensia.

Dia juga mengingatkan, dalam pelaksanan tugas di lapangan, PPL desa harus selalu sigap dari penyelenggara teknis.

“Dalam tugas-tugas di lapangan, bapa- bapa harus selalu siap lebih awal tanpa menunggu penyelenggara teknis,” tegasnya.

Camat Satarmese Utara, Aloisius Jebarut selaku kepala wilayah pada kesempatan itu juga mengingatkan PPL desa akan pentingnya pemahaman regulasi serta tugas, pokok dan fungsi.

Menurut dia, dengan pemahaman regulasi dan tupoksi maka pelaksanaan tugas di lapangan lebih baik.

“Saya minta saudara-saudara menjalankan tugas sesuai tupoksi, pahami regulasi dengan baik, jangan mengambil alih tugas orang lain, jalankan tugasmu,” jelas Jebarut.

 

 

Penulis: Adrianus Aba

alterntif text