Suasana pembukaan Kontas Cup (Foto: Marcel Manek/Vox NTT)

Atambua, Vox NTT- Turnamen Klibur Oan Tulakadi Silawan (Kontas) Cup di lapangan Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur telah resmi dibuka oleh Bupati Belu Wilinrodus Lay, Kamis petang (17/05/2018).

Bupati Lay mengatakan turnamen Kontas cup merupakan even yang sangat bagus di daerah perbatasan.

Selain untuk memacu dan meningkatkan olahraga di bidang sepak bola, Kontas Cup juga sebagai simbol untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama kaum muda di daerah perbatasan.

“Proficiat untuk Desa Silawan dan Desa Tulakadi yang hebat bisa menyelenggarakan turnamen perbatasan ini,” ujar Wily dalam sambutannya ketika didaulat untuk membuka Kontas Cup.

Dikatakannya, turnamen sepak bola yang dihelat merupakan satu
hal yang luar biasa terjadi di desa perbatasan dengan sumber dana dari masyarakat.

Sebab itu, dia meminta kepada Pemerintah Desa Tulakadi dan Desa Silasan agar Kontas Cup dijadikan event tahunan setiap bulan Mei.

Bupati Wily juga meminta agar ke depan event Kontas Cup bisa melibatkan tim dari Batugede, Timor Leste. Sehingga lebih mempererat tali persaudaraan warga di tapal batas kedua Negara.

“Pemerintah memberikan apresiasi kepada dua desa Tulakadi dan Silawan. Saya harapkan tahun depan even Kontas Cup ini bisa hadirkan dua atau empat tim dari Timor Leste,” kata dia.

Terpisah, Ketua Panitia Kontas Cup Kristian Labi Susu mengatakan, kegiatan ini memacu pemuda untuk membantu pembangunan pemerintah di dua desa tersebut.

Desa Silawan dan Tulakadi memang diakui Kristian mempunyai pemerintahan sendiri-sendiri.

Namun demikian dari sisi historis kedua desa ini merupakan satu kesatuan. Satu adat, keluarga, suku, dan budaya. Hal-hal ini merupakan bagian yang tidak bisa dihindari.

“Karena itu dibentuk satu komunitas Kontas. Turnamen ini ingin memperkenalkan Kontas secara khusus ke dua desa dan secara umum kepada seluruh masyarakat Belu dalam memupuk persatuan, persaudaraan dalam event,” ujar Kristian kepada VoxNtt.com.

Lanjut Kades Tulakadi itu, tujuan turnamen yaitu untuk meningkatkan kualitas dalam bola kaki dan memupuk jiwa sportivitas, serta menjalin tali silaturahmi warga di perbatasan Belu.

Untuk diketahui, turnamen perdana Kontas Cup yang digelar Desa Tulakadi dan Silawan ini diikuti 16 tim sepak bola dari beberapa desa di wilayah perbatasan RI-RDTL.

Keenam belas tim ini diantaranya, Dalaus FC, Igor FC, Afatar FC, Kontas United, Garuda FC, Kenebibi FC, Husada FC, Kontas Junior, Polmas FC, Persadi FC, Geometri FC, Kontas PLBN, Mabers FC, Bank NTT, Udayana dan Kontas.

 

Penulis: Marcel Manek
Editor: Adrianus Aba