GMNI Cabang Kupang berpose bersama pemulung usai perayaan 17 Agustus (Foto: tarsi )

Kupang, Vox NTT– Memperingati HUT RI ke-73, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Kupang menggelar upacara bendera bersama Komunitas Pemulung di
area pemukiman Pemulung di RT 11 Kelurahan Pasir Panjang Kota Kupang, Jumat (17/8/2018).

Upacara bendera bersama komunitas pemulung itu dilaksanakan untuk merefeleksi kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus mendeklarasikan program GMNI Mengajar.

Upacara bendera tersebut dihadiri oleh anggota GMNI Kupang dan sekitar 100 keluarga pemulung.

“Kami laksanakan di sini dengan tujuan selain refleksi bersama masyarakat pemulung dan deklarasi GMNI Mengajar, juga sebagai upaya menyadarkan semua elemen khususnya Pemerintah Kota Kupang akan kondisi Pemulung yang diterlantarkan, baik itu anak-anak usia sekolah maupun para orang tua mereka,”kata ketua GMNI Kupang, Sukario Banta.

Ketua GMNI Cabang Kupang menyampaikan Pidato saat Upacara Bendera di Area Pemukinan Pemulung di RT 11 Kelurahan Pasir Panjang kota Kupang, Jumaat 17 Agustus 2018 (Foto :Dok GMNI Kupang)

Dengan Program GMNI Mengajar ini kata Sukario, GMNI akan membantu melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi anak anak Pemulung di hari-hari yang akan datang.

“Hal ini bertujuan selain meningkatkan intelektualitas, kreativitas dan semangat anak anak pemulung juga sebagai upaya memperkecil kesempatan anak anak tersebut dalam memulung,”ujar Sukario.

Usai upacara bendera, semua peserta yang hadir mengadakan refleksi kemerdekaan dan ramah tamah.

“Hal ini bertujuan agar merekat hubungan kekeluargaan antara Komunitas Pemulung Kota Kupang dengan GMNI Kupang,” kata Sukario.

Penulis : Tarsi Salmon

Editor : Irvan K

alterntif text