Kepala Desa Tondong Belang Fransiskus S. Vedi (Foto: Sello Jome/Vox NTT)
alterntif text

alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT- Kepala Desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Fransiskus S. Vedi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 189 Juta untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Anggaran yang kami siapkan untuk membantu masyarakat kurang mampu melalui Dana Desa sebesar Rp189 Juta,” katanya kepada VoxNtt.com, Selasa (19/05/2020).

Dana sebesar ini kata Fransiskus, akan dialokasikan kepada 105 Kepala Keluarga (KKL) yang kurang mampu.

“Jadi datanya itu ada 105 KK yang kami sudah siapkan dan telah diverifikasi. Yang jelas bulan ini kami akan cairkan,” tegasnya.

Fransiskus menjelaskan, sebelumnya dirinya mendapat informasi bahwa akan ada bantuan dari Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Mabar untuk masyarakat kurang mampu.

Kendati demikian, jika terlalu lama dicairkan ungkap Fransiskus, Pemerintah Desa Tondong Belang akan tetap mencairkan menggunakan Dana Desa.

“Jadi kami sudah siap datanya. Kalau ada bantuan dari Pemprov dan Pemkab kami siapkan data penerimanya. Nanti kalau masih ada yang sisa, biar desa yang ambil alih. Tapi hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut. Sehingga kami putuskan jika terlalu lama, semua 105 KK yang telah kami data akan kami berikan melalui dana desa tadi,” tandasnya.

Dia menambahkan, 105 KK yang nantinya akan menerima BLT Dana Desa adalah masyarakat yang belum menerima bantuan sama sekali seperti PKH, kartu Sembako dan BST.

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba