Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
alterntif text

Labuan Bajo, Vox NTT- Satu lagi warga Manggarai Barat (Mabar) dinyatakan positif Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Tim Media Center Covid-19 Mabar Florianus Riyan Gampar melalui siaran pers, Rabu (08/07/2020).

Riyan menjelaskan, sesuai informasi hasil pemeriksaan Laboratorium Tes Cepat Molekuler (TCM) RSUD Komodo, Labuan Bajo, Rabu, 8 Juli 2020, ada 1 orang telah dinyatakan positif Covid-19.

Ia ditetapkan sebagai Pasien 017 Covid-19 Mabar.

Pasien, kata Riyan, berinisial MGD (50) merupakan pelaku perjalanan dari Makassar.

“Pasien sendiri berdomisili di Ranggat, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang,” jelas Riyan.

Ia menjelaskan, sebelumnya MGD berangkat dari Labuan Bajo menuju Makassar menggunakan transportasi laut untuk menghadiri wisuda anaknya. Pasien selanjutnya berada di Makassar selama kurang lebih 93 hari.

“Usai menghadiri wisuda sang anak, pasien berkeinginan pulang ke Labuan Bajo menggunakan trasnportasi laut (Kapal Sangke Palangga),” katanya.

Sebelum ke Labuan Bajo kata Riyan, MGD sempat melakukan rapid test di Makassar. Hasilnya non-reaktif.

“Dengan demikian pasien MGD dianggap memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan kembali ke Labuan Bajo,” jelasnya.

Riyan mengatakan, pada Selasa, 23 Juni 2020 lalu, MGD tiba di Labuan Bajo. Sesuai prosedur yang berlaku, pasien kemudian diambil datanya dan terdaftar sebagai pelaku perjalanan.

Sesuai SOP Covid-19 yang berlaku untuk para pelaku perjalanan kata Riyan, Tim Surveilance Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat berkoordinasi dengan Tim Surveilance di Puskesmas Werang, Kecamatan Sano Nggoang, untuk melakukan tracing pada pasien tersebut.

Selanjutnya dilakukan rapid test kedua pada 27 Juni 2020. Hasil yang diperoleh menunjukkan reaktif.

“Berdasar hasil pemeriksaan tersebut, maka Tim Surveilance meminta pasien untuk melaksanakan isolasi dan karantina mandiri di rumah,” ungkapnya.

Pasien MGD kata Riyan, kemudian diantar oleh Tim Medis dan Surveilance Puskesmas Werang ke Rumah Karantina Pemda di Labuan Bajo pada Senin, 29 Juni 2020.

Di sana, pasien dilakukan pemantauan dan pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah melakukan pemantauan dan pemeriksaan selama satu minggu kata Riyan, Tim Medis RSUD Komodo kemudian melakukan pengambilan sampel Swab kepada pasien MGD dan langsung dianalisa di Laboratorium TCM RSUD Komodo, Rabu (08/07/2020).

“Hasil analisa pada sampel Swab pasien MGD dinyatakan positif SARS Cov-2.
Dengan dinyatakannya MGD sebagai pasien positif Covid-19,” ungkapnya.

Riyan menambahkan dengan MGD ditetapkan menjadi Pasien Positif Covid-19, Tim Surveilance dan Tim Medis selanjutnya akan melakukan pengambilan Swab kepada orang-orang yang sudah melakukan kontak dengan pasien tersebut.

“Pengambilan sampel Swab dijadwalkan hingga satu minggu ke depan,” tutupnya.

Untuk diketahui, data yang dihimpun VoxNtt.com hingga kini sudah ada 17 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Manggarai Barat.

Ke-9 di antaranya telah sembuh dan telah dipulangkan. Hingga kini masih ada 8 orang pasien Covid-19 yang dipantau oleh tim medis Manggarai Barat.

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba