Home / NASIONAL / KPU DKI Putuskan Kampanye Pada Putaran Kedua

KPU DKI Putuskan Kampanye Pada Putaran Kedua

Jakarta,VoxNtt.com-Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI Jakarta memutuskan putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahap II pada April 2017 mendatang disertai dengan kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Komisioner KPUD DKI Jakarta Bidang Kampanye, Dahliah Umar, kepada wartawan di kantornya, Rabu (22/2/2017).

“Keputusan tersebut sesuai kesepakatan antara KPU DKI Jakarta dengan KPU RI,” kata Dahliah Umar.

Dahliah menjelaskan, salah satu pertimbangan KPUD memutuskan putaran kedua disertai dengan kampanye adalah jarak waktu yang cukup panjang dari pengumuman hasil Pilkada putaran pertama menuju putaran kedua.

Sesuai jadwal awal, putaran kedua Pilkada DKI akan digelar pada 19 April 2017.

KPUD DKI juga memberikan waktu dari hasil resmi KPUD tersebut bagi pasangan calon yang akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Jika demikian adanya, KPUD DKI akan menjadwal ulang Pilkada putaran kedua pada bulan Juni 2017.

Lebih lanjut Dahliah menjelaskan, pertimbangan lain keputusan menggelar kampanye paslon pada putaran kedua berdasarkan hasil evaluasi putaran kedua pada Pilkada DKI tahun 2012 silam.

Hal tersebut menurutnya karena panjangnya dari hasil resmi KPUD ke putaran kedua. Ia khawatir paslon akan tetap melakukan kegiatan bernuansa kampanye.

“Kami khawatir jika tidak ada masa kampanye, pasangan calon justru melakukan kegiatan-kegiatan bernuansa kampanye. Jadi KPUD DKI memberikan ruang kepada dua pasang calon untuk tetap berkampanye dan bertemu langsung dengan masyarakat,” pungkas Dahliah. (Ervan Tou/VoN)

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Wakil Ketua KPK: OTT MS Tidak Terkait Politik

Kupang, Vox NTT- Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang membantah tudingan publik terkait …