Home / Berita Terkini / Ayo! Ikut Festival Pesona Kebangsaan dan Bulan Soekarno di Ende
Taman Permenungan Bung Karno di Ende, Flores, NTT (Foto: Ian Bala/Vox NTT)

Ayo! Ikut Festival Pesona Kebangsaan dan Bulan Soekarno di Ende

Ende, Vox NTT-Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Derson Duka mengajak masyarakat seantero untuk turut serta mengikuti Festival Parade Pesona Kebangsaan dan Bulan Soekarno di Kabupaten Ende, Flores, NTT.

Ajakan Derson mengingat perjalanan hidup Bung Karno selama diasingkan Kolonial Belanda di Ende tahun 1934-1938 hingga mencetuskan butir-butir Pancasila.

Derson menjelaskan, event serupa sudah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut selama masa kepemimpinan Marselinus Y.W. Petu dan Djafar Achmad. Kali ini merupakan tahun keempat melaksanakan parade kebangsaan.

Kementerian Pariwisata, kata Derson, sudah dilakukan koordinasi dan siap menjalani beberapa rangkaian kegiatan di Ende.

Berdasarkan rundown kegiatan, event ini akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Mei hingga tanggal 9 Juni 2018. Kegiatan ini akan dipandu oleh Pemda Ende, Pemerintah Provinsi NTT dan Kementerian Pariwisata.

“Kegiatan ini memang ada ikatan emosional masyarakat Ende dan Bung Karno. Itu kita lihat dalam referensi sejarah,” kata Derson di Ende, Jumat (18/5/2018).

Derson menyebutkan ada 18 jenis kegiatan yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 11 hari. Itu dihitung dengan kegiatan Bulan Soekarno yang digagaskan oleh Pemerintah Provinsi NTT.

Kegiatan itu dimulai dengan kegiatan pergelaran budaya Nusantara antar etnis, fun bike atau sepeda ria, haiking, lomba fotografer, gelar etnik fashion, Ende Culture Expo, pergelaran budaya, lomba pidato, pemutaran film Ketika Bung di Ende, menyalakan obor Pancasila dan malam renungan. Beberapa jenis kegiatan ini akan dilakukan selama bulan Mei.

Kemudian dilanjutkan pada Bulan Juni yakni, pelayaran Nusantara, parade laut, lomba perahu layar, upacara bendera, napak tilas Bung Karno, dialog dan orasi Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia, lomba paduan suara antar etnis dan di akhir dengan lomba tracking di Kawasan Wisata Gunung Meja.

“Yah, ini semua jenis kegiatan dan saya mengajak semua warga Negara Indonesia untuk turut serta dalam kegiatan ini,” kata Derson.

Penulis: Ian Bala
Editor: Adrianus Aba

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Aktivis Tani di Sikka Sebut KPS HARMONI Wujudkan Tiga Perubahan Nyata

Maumere, Vox NTT– Aktivis gerakan sosial, Laurens Ritan menilai sekian lama petani hanya menjadi objek …