Home / Berita Terkini / Desa Ojan Detun Bangun JUT
Pintu Gerbang Desa Pantai Ojan Detun. (Foto: Hos)

Desa Ojan Detun Bangun JUT

Larantuka, Vox NTT- Berdayakan Petani adalah Yohanes Nani Ipir, pria hitam manis ini hadir membangun desanya dengan program pemberdayaan masyarakat petani.

Kerja membangun masyarakat tani yang berdaya guna adalah mimpinya untuk ikut memuliakan martabat petani. Jangan anggap sepeleh petani. Begitu katanya ketika ditemui pada Jumat, 05 Januari 2018 di Dusun Wodong, Desa Ojan Detun.

Satu terobosan besar yang kini nampak nyata adalah jalan usaha tani yang ada di desa Ojan Detun. Jika berkunjung ke Ojan Detun, wilayah selatan Kecamatan Wulanggitang maka decak kagum akan segera hadir.

Pertama karena jalan kabupaten menuju Desa Ojan Detun yang licin beraspal, sedangkan yang kedua adalah jalan usaha tani yang dikerjakan oleh Pemerintah Desa Ojan Detun bersama warga desa.

Tampak sangat apik dikerjakan dan bukti bahwa pengerjaan jalan usaha tani yang digarap ini dikerjakan dengan penuh tangung jawab dan tidak asal jadi.

Baca: Menyaksikan Matahari Terbenam di Pantai Oa

Yohanes menjelaskan, pengerjaan Jalan Usaha Tani (JUT) dimulai pada tahun 2015 sepanjang 430 meter.

Pada tahun 2016 sepanjang 440 meter. Total selama 2015-2016 sebesar 870 meter. Sedangkan pada tahun 2017 Yohanes dan perangkat desanya fokus untuk pengerjaan seperti talut, rabat dan peningkatan usaha pemberdayaan petani.

Mengapa memilih fokus pada pengerjaan jalan usaha tani, Yohanes lebih jauh menjelaskan bahwa pertama-tama karena hampir seluruh warga desanya bermata pencaharian petani.

Kedua adalah lumayan sulit mengakses hasil-hasil pertanian dari kebun/ladang petani. Pilihan membangun jalan usaha tani adalah ikut memberikan akses kemudahan kepada petani untuk giat bekerja.

Potensi desa kami ada pada areal pertanian hanya belum dikembangakan dengan sungguh jadi pengerjaan jalan usaha tani adalah cara kami ikut memberikan semangat dan motivasi terus-menerus kepada para petani untuk giat bekerja.

Lebih dari itu menjadi petani yang cerdas mengolah dan melihat potensi pertanian yang bisa ditanam dan menghasilkan uang untuk peningkatan taraf hidup dan pendidikan anak-anak dalam keluarga. Demikian tambahan dari Rafael Raga Uran, Sekretaris Desa Ojan Detun.

Penulis: Hengky Ola

Editor: Boni J

 

 

Komentar

comments

VOX Share Button

Check Also

Politisi Hingga Artis Nasional Akan Hadir Kampanye Akbar Paket MJ

Ende, Vox NTT-Para politisi nasional akan ditampilkan sebagai juru kampanye (jurkam) pada kampanye akbar paslon …