Pulau Komodo (Foto: Maritim Tours)

Labuan Bajo, Vox NTT- Pihak Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) dikabarkan sudah memberi peringatan keras kepada oknum guide (pemandu) wisata di Manggarai Barat yang telah memancing binatang komodo.

“Kami sudah memberikan teguran keras terhadap pemandu wisata yang kedapatan mengajak wisatawan bermain-main dengan satwa komodo. Mereka akan diberhentikan jika mengulangi lagi perbuatannya,” ujar Kepala BTNK, Budi Kurniawan sebagaimana dilansir Antara, Senin (09/04/2018).

Budi berjanji tidak tanggung-tanggung bakal memecat jika menemukan para pemandu wisata yang bermain-main dengan binatang kadal raksasa yang sudah menjadi tujuh keajaiban dunia itu.

Sebab, bermain-main dengan komodo bisa berakibat binatang itu semakin liar di habitatnya sendiri.

Budi menegaskan hal tersebut menyusul adanya video yang sudah viral di media sosial (Medsos) selama beberapa pekan terakhir.

Video tersebut berisi tentang oknum tour guide dive dan tamu di sebuah kapal trip dive melakukan feeding atau memberi makan salah satu binatang komodo dengan cara memancingnya ke laut.

Akibatnya, binatang komodo itu terpaksa harus berenang di laut untuk mendapatkan pancingan dari tour guide dive dan tamu tersebut.

Baca: HPI Mabar Kecam Oknum yang Memancing Binatang Komodo

Tindakan memancing komodo terjadi di Nusa kode sebelah selatan Pulau Rinca Kawasan TNK.

 

Penulis: Adrianus Aba

Lihat di sini videonya! –