Laura Anggreyani Pu'ung (9) sesaat sebelum tampil pada malam hiburan pameran HUT RI ke-73 di Lapangan Motang Rua-Ruteng, Kabupaten Manggarai, Minggu malam (02/09/2018). (Foto: Ardy Abba/Vox NTT)
>alterntif text

Ruteng, Vox NTT- Kepiawaian Airin (9 tahun) dalam memainkan alat musik keyboard mampu menyedot perhatian ratusan penonton pada malam hiburan pameran HUT RI ke-73 di Lapangan Motang Rua-Ruteng, Kabupaten Manggarai, Minggu malam (02/09/2018).

Dengan kekuatan kedua tangannya,  pemilik nama lengkap Laura Anggreyani Pu’ung itu mampu memain melodi dan iringan nada musik untuk penyanyi tunggal  Margareta Olivia Jaya.

Penguasaan irama musik anak pertama pasangan Patrik Pu’ung dan Maria Goreti Lamun itu tampak sangat lincah dan berbakat.

Airin dan Oliv adalah dua siswa kelas IV SDK Ruteng VI yang dipercayakan membawakan lagu berjudul Tanah Air.

Patrik Pu’ung, ayah Airin mengaku, anaknya itu memiliki niat mengikuti kursus musik sejak kelas 1 SD.

Namun kedua orangtua baru mewujudkan impiannya saat anak kelahiran Ruteng, 22 Januari 2009 itu duduk di kelas IV SD, tepatnya pada bulan Agustus 2018.

“Di hari pertama  mengikuti kursus, ia menyampaikan rasa senangnya kepada bapak. Ia berkata ‘saya rasa puas dengan saya ikut kursus hari ini, karena selama ini saya mengahayal terus agar bisa bermain musik’,” kata Patrik meniru ucapan anaknya kepada VoxNtt.com, Minggu malam.

Mendengar cerita Airin, Patrik mengaku kaget dan selanjutnya mendukung agar bakat anaknya dikembangkan lewat kursus musik.

Menurut Patrik, Airin tampil memukau saat acara pameran HUT RI ke-73, hanya bermodalkan kursus sebanyak 8 kali pertemuan dengan guru musiknya di Neragracia Music Shcool Ruteng.

Setelah pertemuan ke-8, kata dia, guru musiknya menawarkan untuk tampil di malam pameran HUT RI ke-73.

Dengan didorong bakat yang cukup kuat dalam dirinya, Airin pun langsung menjawab bersedia kepada guru musiknya. Walau ia tahu bahwa dirinya belum mahir benar dalam bermain keyboard.

“Bukan soal dia bisa bermain musik, akan tetapi mental untuk tampil menjadi nilai plus pada dirinya. Semuanya ini berkat dari manfaat bermain musik bagi anak,” kata Patrik.

Patrik mengingatkan setidaknya ada empat manfaat bagi anak usia sekolah bermain musik.

Keempatnya, yaitu mengembangkan keterampilan fisik, meningkatkan kemampuan akademik, memupuk keterampilan sosial dan melatih disiplin dan kesabaran.

 

Penulis: Ardy Abba

Biodata:

Nama: Laura Anggreyani Pu’ung

Tempat/tanggal lahir: Ruteng/22 Januari 2009

Orangtua: Patrik Pu’ung (ayah) dan Maria Goreti Lamun (ibu)

Sekolah: SDK Ruteng VI (saat ini duduk di kelas IV)