Ketua Fraksi Karya Amanat Nasional DPRD Nagekeo, Antonius Moti

Mbay, Vox NTT- Ketua Fraksi Karya Amanat Nasional DPRD Nagekeo, Antonius Moti menyoroti lingkungan setiap kantor organisasi perangkat daerah yang gersang.

Moti saat membacakan pemandangan umum Fraksi Karya Amanat Nasional di ruang sidang paripurna DPRD Nagekeo, baru-baru ini, menegaskan lingkungan yang gersang tersebut merupakan bukti bahwa etos kerja apratur sipil Negara (ASN) sangat rendah.

Kata dia, budaya menanam pohon oleh ASN masih jauh dari harapan. Moti sendiri juga mempertanyakan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Nagekeo.

Padahal, menurut Moti, publik mengharapkan agar wajah lingkungan kantor OPD dan wajah Kota Mbay menjadi asri dan indah.

Untuk menjawabi harapan publik, Moti menyarankan agar Pemkab Nagekeo harus melakukan inovasi dan kreatif dalam membangun Mbay sebagai Kota yang hijau dan sejuk pada siang hari.

Selain itu, dalam pemandangannya pula Moti meminta Pemkab agar bisa menjelaskan berapa titik bencana yang terjadi di seluruh wilayah Nagekeo.

Lalu, Pemerintah perlu menyusun langkah-langkah konkret terkait bencana, baik tanggap darurat maupun rehabilitasi.

“Pemerintah juga perlu mempertimbangkan secara bijaksana bagaimana menghadapi era globalisasi, digital, milenial dengan membangun Perpustakaan Daerah sebagai benteng peradaban. Seberapa besar kepedulian daerah menghadapi hal dimaksud,” tambah dia.

 

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba