Direktur Pemasaran Pariwisata BOP-LBF, Werry Sutanto

Labuan Bajo, Vox NTT- Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo-Flores (BOP-LBF) mengapresiasi pagelaran Festival Seni-Budaya Flores dan Lembata (Florata) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi NTT.

Festival itu dihadiri oleh enam kabupaten di Flores dan Lembata. Hadir juga peserta dari Negara Timor Leste.

Ratusan Peserta Ikuti Parade Festival Seni dan Budaya Florata di Labuan Bajo

Dalam festival tersebut setiap kabupaten menampilkan seni dan budaya.

Direktur Pemasaran Pariwisata BOP-LBF Werry Sutanto mengaku bangga dengan pagelaran Festival Florata.

“Dan kabarnya ini baru yang pertama kali Labuan Bajo menjadi tuan rumah Festival Florata,” ungkap Werry saat dihubungi VoxNtt.com, Senin (05/08/2019).

Menurut Werry, dalam festival ini juga beberapa industri pariwisata seperti dive centre, kapal pinishi dan travel agents diajak untuk berpartisipasi.

“Saya koreksi sedikit, ini Festival Florata diikuti oleh enam kabupaten. Dan bertepatan dengan festival ini juga, BOP-LBF berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata untuk menyesuaikan dengan jadwal famtrip dari Timor Leste,” jelas Werry.

Dengan adanya festival ini, lanjut Werry, dapat menyadarkan masyarakat akan kekayaan budaya dan seni di daratan Flores dan Lembata.

“Ini menjadi daya tarik alternatif selain wisata bahari,” tandasnya.

Werry menuturkan festival ini telah dikemas dengan baik dan akan berpotensi meningkatkan masa tinggal (lenght of stay).

Dalam hal ini kata Werry, BOP-LBF berperan menjembatani program pameran yang ada di kementerian dengan Festival Florata, yang setiap tahunnya diadakan bergilir di setiap kabupaten di Flores dan Lembata.

“Ini adalah salah satu bentuk konkret dari fungsi koordinatif dari BOP-LBF,” jelasnya.

Terkait agenda festival lain yang digagas BOP-LBF, Werry mengaku untuk tahun 2019 ini belum ada.

Tetapi untuk tahun 2020, lanjut dia, BOP-LBF akan menggandeng kurator festival bertaraf nasional untuk meningkatkan daya tarik dan mengemas ulang festival-festival yang sudah ada di daerah-daerah. Itu khususnya daerah koordinasi BOP-LBF.

“Bukan tidak mungkin di tahun mendatang, BOP-LBF bekerja sama dengan Dinas Provinsi NTT mengadakan festival budaya NTT di Labuan Bajo,” tutupnya.

Penulis: Sello Jome
Editor: Ardy Abba

alterntif text