Bupati Stefanus Bria Seran pose bersama Anggota DPRD Malaka (Foto: Eri Lopo)
alterntif text

Betun, Vox NTT- Bupati Malaka Stefanus Bria Seran menghadiri kegiatan orientasi Anggota DPRD Malaka masa jabatan 2019-2024 di Hotel Silvia Kupang, Selasa (15/10/2019).

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Malaka Hendrina Lopo, kegiatan orientasi tersebut dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemprov NTT Cosmas D. Lana mewakili Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat.

Dalam sambutannya saat pembukaan orientasi, Bupati Stefanus menegaskan belajar adalah hal yang sangat menyenangkan.

“Saya paling suka ikut kegiatan pelatihan karena dengan mengikuti kegiatan menambah wawasan,” tuturnya.

Bupati Stefanus menyarankan, Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKSDMD) Provinsi NTT agar menyediakan fasilitator terbaik dalam pembelajaran ini agar peserta mendapatkan ilmu yang berkualitas.

“Ini pembelajaran sangat penting dan dievaluasi pesertanya agar dalam mengikuti orientasi tidak ada yang absen. Semoga kegiatan ini berkualitas baik dan lancar,” imbuhnya.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekda NTT, Cosmas D. Lana dalam kesempatan itu menjelaskan beberapa tugas DPRD. Itu di antaranya;

Pertama, membahas dan menyetujui rancangan APBD. APBD merupakan fungsi alat komunikasi politik DPRD dalam menyampaikan pokok-pokok pikiran dimulai dari Musrembangdes.

Kedua, kata Cosmas, Kabupaten Malaka letaknya sangat strategis. Sebab itu, ke depannya bisa dilakukan kerja sama internasional antarnegara, terutama perdagangan bawang merah.

Bisa juga kerja sama untuk pemasaran bawang merah ke Labuan Bajo. Sebab selama ini Labuan Bajo memasok bawang dari luar daerah.

Ketiga, lanjut dia, perlu adanya pengawasan yang serius dalam membangun daerah.

Penulis: Frido Raebesi
Editor: Ardy Abba