Salah Seorang pengawas sementara membagikan lembaran soal kepada peserta SBMPTN untuk dikerjakan
alterntif text

Kefamenanu,Vox NTT- Sebanyak 2.000 lebih lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hari ini, Selasa (16/5/2017) mengikuti tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Pelaksanaan tes berlangsung di 12 lokasi  yaitu bertempat kampus Universitas Timor (UNIMOR) dan sejumlah sekolah yang ada di kota Kefamenanu.

Kegiatan tes dilakukan dalam tiga sesi.  Sesi pertama yaitu tes kemampuan dan potensi akademik. Sesi kedua yaitu tes kemampuan sains teknologi. Dan, sesi ketiga yaitu tes kemampuan dasar sosial dan humaniora .

“Dari data yang ada  total peserta yang mengikuti tes mencapai 2.040 lebih peserta  didominasi paserta dari empat kabupaten terdekat yaitu Belu, Malaka, TTS serta TTU,” ungkap Dance Amnifu, Kepala Biro Akademik dan Umum UNIMOR ketika ditemui sejumlah awak media di gedung Rektorat kampus itu, Selasa.

Dance  mengatakan  hasil tes SBMPTN 2017 nantinya akan diserahkan ke pihak Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang  untuk seterusnya dikirim ke Malang guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sesuai jadwal yang ada  pengumuman hasil tes SMBPTN 2017 dilakukan pada tanggal 13 Juni 2017 mendatang .

Lebih lanjut kata dia, setiap peserta yang mengikuti ujian tidak selamanya harus memilih Kampus UNIMOR sebagai tempat untuk melanjutkan studi. Tetapi bisa juga memilih kampus lain walaupun tes di UNIMOR.

Informasi yang berhasil dihimpun,  walau jumlah peserta tes SBMPTN  2017 di Kefamenanu mencapai 2.000 lebih peserta, namun pihak UNIMOR sebagai satu-satunya universitas negeri yang ada di kabupaten tersebut  hanya mengalokasikan 1.500 kursi pada 16 program studi yang ada.

Pantauan media ini, tampak di beberapa sekolah yang menjadi lokasi dilaksanakannya ujian SMBPTN, para peserta serius dan tekun dalam mengerjakan soal-soal. (Eman Tabean/VoN)