Peserta Pelatihan Karya Ilmiah dan Peserta Lomba Pidato dan Tari Kreasi yang digelar Unwar Bali, Jumat (26/10/2018) di Hotel Pelangi Kupang. (Foto: Tarsi Salmon/Vox NTT)
alterntif text

Kupang, Vox NTT- Universitas Warmadewa Bali, sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia terus mendekatkan diri ke kawasan Indonesia Timur, khususnya NTT.

Beberapa hari terakhir, universitas rangking satu dari semua universitas di Indonesia Timur itu menjadi perbincangan hangat publik NTT.

Bagaimana tidak, dua hari penuh mereka berangkulan dalam kisah dan giat literasi bersama guru-guru dan SMA/SMK dan mahasiswa di Kota Kupang.

Adapun kegiatan yang mereka lakukan adalah pelatihan menulis karya ilmiah bagi 120 guru SMA/SMK, lomba Pidato kategori Mahasiswa dan SMA/SMK.

Selain itu, mereka menggelar lomba tari kreasi untuk kalangan umum di NTT, sebagai bagian dari upaya merawat budaya Nusantara.

Kegiatan yang digelar, Jumat (26/10/2018) di Hotel Pelangi itu memantik perhatian khalayak NTT.

Kegiatan itu beruntun dilaksanakan secara maraton sejak Kamis (25/10/2018). Adapun kegiatan saat itu adalah “Goes to School” yang diikuti 1.500 siswa/I SMA/SMK di Kota Kupang.

Nara sumber pelatihan Itu, yakni, Prof. Dr. Aron Mekonbete dari akademisi Unwar dan Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M.Hum dari akademisi Universitas Nusa Cendana Kupang.

Baca: Promosi Unwar Bali di Kupang, Ini yang Dilakukan

Semua rangkaian kegiatan itu merupakan bagian dari cara mereka mensosialisasi dan mempromosikan kampus Unwar.

“Harapan kami bahwa kegiatan ini menjadi salah satu promosi. Bahwa Unwar mampu melaksanakan kegiatan di Kupang, serta memperkenalkan Warmadewa kepada mayarakat Indonesia bagian timur, khususnya Kupang,” ujar Kepala BAPPSIK, I Made Artawan.

Sementara itu, Rektor Universitas Warmadewa Prof. dr. Dewa Putu Widjana mengatakan, acara itu sangat meriah.

Dia Mengaku, itu karena mata acara yang cukup banyak dan dikemas dengan cara yang menarik. Hal itu juga kata dia, karena keaktifan partisipan, guru-guru SMA/SMK di kota Kupang luar biasa.

“Moment ini patut kita manfaatkan untuk sosialisasi. Untuk mendatangkan orang sebanyak ini kan susah. Jadi saya kira ini merupakan kegiatan yang dapat dikatakan berhasil. Barangkali kegiatan ini kita bisa extend bukan hanya di Kupang tetapi juga ke wilayah NTT lainnya, seperti Flores, Ende, dan yang lain,” kata Rektor Dewa Putu.

Dia berharap, setelah sosialisasi ini masyarakat NTT banyak yang tertarik untuk menimba ilmu di Unwar, khususnya yang mengambil program program pascasarjana.

Dia juga mengapresiasi kerja media di NTT, yang telah menyebarluaskan kegiatan ini. Dia berharap, perjuangan media untuk mendaratkan kabar gembira ini, disambut baik oleh masyarakat NTT.

“Selain itu, kerjasama kita dengan media disini juga bagus sebagai penyambung informasi dari Unwar kepada masyarakat yang ada di Kupang,” pungkasnya.

Di bawah ini adalah daftar pemenang dalam beberapa perlombaan:

  • Juara I Lomba Tari Kreasi Kategori Umum, Group Ansisi
  • Juara II Lomba Tari Kreasi Kategori Umum, Group Farmasi
  • Juara III Lomba Tari Kreasi Kategori Umum, Sanggar Lollipop Dancer
  • Juara I Lomba Pidato Kategori SMA/SMK diraih oleh Joice Ester Alicia Bell, SMA Kristen Citra Bangsa
  • Juara II Lomba Pidato Kategori SMA/SMK diraih oleh Rumario Eliazer Kase, SMA N 4 Kupang
  • Juara III Lomba Pidato Kategori SMA/SMK diraih oleh Cahyadi P. T. Mesak, SMA N 1 Kupang
  • Juara I Lomba Pidato Kategori Mahasiswa Alfon B. Turu, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Juara II Lomba Pidato Kategori Mahasiswa Melkiani Astri Balung, Stikes Citra Usadha Kupang
  • Juara III Lomba Pidato Kategori Mahasiswa Jitma Leokuna, Universitas Kristen Artawacana

Untuk diketahui, Acara itu dibuka Rektor Universitas Warmadewa Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK. Dihadiri Kabid. Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Propinsi NTT,  Kepala Bappsik Unwar, Kabag. Kehumasan dan Protokol Unwar, para narasumber dan peserta pelatihan serta para peserta lomba.

Penulis: Tarsi Salmon

Editor: Boni J