Kuburan batu almarhum Umbu Mehang Kunda di Praiawang, Rindi, Sumba Timur, ketika dikunjungi Tiga Srikandi Golkar NTT, Inche Sayuna, Welmintje Sinlaeloe dan Frouke Rebo Bubu serta Ketua Wantim Golkar NTT Felix Pullu, Sabtu (12/1/2019). (Foto: Dok. Golkar NTT).

Waingapu, Vox NTT- Tiga srikandi Golkar NTT, Inche Sayuna, Wilhelmintje Libby Sinlaeloe dan Frouke Rebo Bubu, masing-masing sebagai Sekretaris DPD Golkar NTT, Plt Ketua dan Plt Sekretaris DPD Golkar Sumba Timur bersama Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Golkar NTT, Felix Pullu, Sabtu (12/01/2019) pagi secara khusus mengunjungi makam Umbu Mehang Kunda di kampung asal yang juga kampung kelahirannya di Priawang, Rindi, Sumba Timur.

Umbu Mehang yang dimakamkan secara Marapu sepuluh tahun lalu, adalah tokoh Golkar NTT, mantan Ketua Komisi III DPR RI dan juga mantan Bupati Sumba Timur selama delapan tahun (periode 2000–2010).

Berziarah ke makam Umbu Mehang merupakan agenda awal dari rangkaian kegiatan konsolidasi Golkar Sumba Timur di Waingapu.

Konsolidasi yang sedianya melibatkan jajaran keluarga besar Golkar, Fraksi Golkar dan para sesepuh Golkar di Sumba Timur, dilakukan setelah DPD Golkar NTT menonaktifkan Gidion Mbilijora dan Robert Riwu sebagai Ketua dan Sekretaris Golkar Sumba Timur sejak 07 Januari 2019. Gidion adalah Bupati Sumba Timur, periode kedua atau terakhir.

Tiga srikandi: Inche Sayuna, Wilhelmintje Libby Sinlaeloe dan Frouke Rebo Bubu bersama Ketua Wantim Golkar NTT, Felix Pullu, Sabtu pagi terbang dari Kupang ke Waingapu melalui Bandara Umbu Mehang Kunda.

Bandara itu sejak lama bernama Bandara Mau Hau. Sejak 20 Mei 2009 Bandara Mau Hau berganti nama menjadi Bandara Umbu Mehang Kunda. Pergantian nama itu terjadi setahun setelah Umbu Mehang Kunda mengembuskan nafas terakhirnya di Waingapu, kota Kabupaten Sumba Timur, 02 Agustus 2008.

“Kami sedang dalam perjalanan dari Waingapu menuju Praiawang, Rindi, untuk ziarah khusus ke makam tokoh kita, Umbu Mehang,” jelas Inche Sayuna melalu telepon selulernya, Sabtu pagi.

“Kegiatan ziarah ini dengan daya tarik khusus lain, karena langsung berangkat dari Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu menuju makam Umbu Mehang Kunda di Praiawang, Rindi,” tambah Inche Sayuna.

Golkar berakar kuat di Sumba Timur antara lain berkat jasa kekaryaan almarhum Umbu Mehang Kunda. Suami dari Sylvia Anggraini itu, adalah tokoh yang sangat disegani dan berpengaruh kuat di Sumba Timur.

“Kami dari Golkar NTT merasa harus memberikan penghargaan sepantasnya bagi almarhum Umbu Mehang, antara lain dengan berziarah ke makamnya di Praiawang,” sambung Felix Pullu.

Penulis: Roni Natom

Editor: Boni J