Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (Foto: CNN)

Kupang, Vox NTT-Sari Sedu, manajemen Hotel Sotis Kupang menanggapi ancaman Gubernur NTT, Viktor Laiskodat untuk menutup hotel tersebut.

“Silakan dikroscek. Kami punya izin dan amdal,” kata Sari seperti dilansir Tempo, Senin, 4 Maret 2019.

Sebelumnya Gubernur Viktor berang karena pihak hotel tidak ikut dalam aksi pembersihan sampah di pantai Oeba, Kota Kupang, Senin (04/03/2019).

Menurut dia, seharusnya pengusaha mengutamakan kebersihan sampah agar usahanya berjalan dengan lancar.

“Kami akan menertibkan seluruh amdal dan tata ruangnya. Batas-batas yang boleh dibangun dari sipadan pantai itu akan kami ukur kembali. Saya lihat hari ini ternyata hotel-hotel itu tidak peduli terhadap lingkungan,” kata Viktor.

Tak hanya itu, Viktor juga mengancam akan membongkar hotel kepunyaan politisi PDIP, Herman Heri tersebut.

“Jika mereka tidak bongkar, kami akan bongkar sendiri. Apalagi tidak peduli lingkungan,” katanya.

Menanggapi itu, Sari Sedu mengaku pihaknya tidak mendapat informasi tentang pembersihan pantai hari itu. Itulah sebabnya pihak hotel tidak terlibat.

Dia menerangkan, aksi pembersihan sampah dilakukan pihak hotel setiap hari Sabtu.

“Kami punya bukti, setiap Sabtu membersihkan pantai” pungkasnya dilansir Tempo.

Sotis Hotel merupakan salah satu hotel yang ada di Kota Kupang, ibu kota Propinsi NTT.

Nama Sotis terinspirasi dari tenun sotis, kain tenun tradisional cantik dari Nusa Tenggara Timur yang dibuat dengan keahlian, teknik, semangat, dan etos kerja yang tinggi.

Kain tenun ini digunakan untuk pakaian sehari-hari maupun untuk busana tari adat, pakaian untuk upacara adat, dan sebagai mahar dalam masyarakat adat Timor.

Seperti dilansir dari laman sotishotels.com, hotel Sotis menawarkan 81 guest room, 5 suite, dan 1 penthouse dengan kemewahan dan kenyamanan terbaik.

Designnya menggunakan konsep modern dan aksen kultural dari tradisi dan warisan asli Kupang.

Sotis Hotel yang resmi diluncurkan pada tahun 2015 itu juga menyuguhkan pemandangan panorama Pantai Pasir Panjang yang nan cantik.

Seluruh guest room, suite, dan penthouse sudah dilengkapi pendingin ruangan yang dapat dikendalikan secara individual. (VoN)