Ilustrasi
alterntif text

Bajawa, Vox NTT-Hingga kini, KPU Kabupaten Ngada masih kekurangan surat suara pengganti pada pemilihan nasional (Pilnas) tahun 2019 sebanyak 14.000. Sedangkan logistik Pemilu lainnya hingga kini dilaporkan sudah lengkap.

Juru bicara KPU Kabupaten Ngada, Wis Raubata mengatakan, pihaknya masih menunggu surat suara yang masih kurang tersebut.

Jika sudah sampai di KPU Ngada, kata dia, maka akan langsung disortir dengan disaksikan oleh Bawaslu, Polri dan TNI.

“Semua jenis formulir sudah ada. Surat suara 14.000 dan dalam waktu dekat akan tiba dan siap disortir,” kata Wis kepada wartawan, baru-baru ini.

Ia menjelaskan untuk schedule pendropingan logistik dimulai 15 -16 April 2019.

“Untuk tangal 15 April Kecamatan Aimere, Riung, Riung Barat, Golewa Selatan, Bajawa Utara, Golewa dan Inerie. Sedangkan tanggal 16 April, Bajawa, Golewa Barat, Jerebuu, Soa dan Wolomeze,” katanya.

alterntif text

Wis menambahkan, sesuai putusan MK pemilih boleh menggunakan Suket yang dikeluarkan Dinas Kependudukan.

Kata dia, pemilih yang menggunakan e-KTP boleh menggunakan hak pilihnya pada pukul 12.00-13.00 Wita sesuai alamat TPS domisilinya.

“Perkiraan sementara untuk seluruh Kabupaten Ngada tidak lebih dari 200 pemilih yang tersebar di 5 kecamatan. Dengan demikian tidak berpengaruh terhadap ketersediaan surat suara. Karena secara regulasi pemilih DPK dilayani sepanjang masih ada ketersediaan surat suara,” jelas Wis.

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba