Anggota Polres Ngada sedang mengikuti Apel Operasi Semana Santa Turangga 2019 di Lapangan Polres Ngada (Foto: Istimewa)

Bajawa, Vox NTT-Menjelang paskah 2019, Kepolisian Resort Ngada menggelar Operasi Semana Santa Turangga 2019.  Operasi diawali dengan upacara di Lapangan Polres Ngada, Sabtu (13/04/2019).

Hadir dalam upacara pengamanan paskah ini Wakapolres Ngada Kompol I Nyoman Surya Wiryawan, dan seluruh pejabat utama , serta perwira dan anggota Polisi di Polres itu.

Operasi kali ini dengan tema memelihara kamtibmas dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan hari raya paskah tahun 2019.

Kapolres Ngada, AKBP Andhika Bayu A dalam arahannya mengatakan, target operasi pengamanan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah perayaan paskah.

“Kegiatan Operasi Semana Santa Turangga 2019 ini dilaksanakan selama 15 hari yang dilaksanakan dari tanggal 11 sampai 25 april 2019,” kata Kapolres Andhika.

Ia menjelaskan, istilah Semana Santa berasal dari Portugis yang berarti pekan suci bagi umat kristiani.

Pekan suci merupakan rangkaian acara perayaan liturgi mengenang sengsara dan wafat, serta kebangkitan Yesus Kristus pada hari raya paskah.

“Rangkaian kegiatan umat kristiani ini merupakan ikon dari wilayah NTT karena di tempat lain tidak semeriah di NTT,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, sebagai anggota Polri harus bertanggung jawab terhadap keamanan dalam negeri ini.

Selain itu, Polri harus menjadi pelindung, pengayoman dan pelayanan masyarakat. Dia harus mampu memberikan pelayanan sebaik-baiknya dan tidak boleh sampai ada gangguan sekecil apapun bentuknya, sehingga umat yang melaksanakan ibadah merasa aman dan nyaman.

Penulis: Arkadius Togo
Editor: Ardy Abba