Ilustrasi (Foto: Gopos.id)

Kupang, Vox NTT-Angka perolehan suara pemilihan legislatif DPR RI dapil NTT 1 (Flores, Alor, Lembata) beranjak dinamis.

Tiga posisi teratas masih dipimpin oleh PDIP, Golkar dan Nasdem dengan perolehan sementara di atas 100 ribu suara. Sementara di level tengah atau di bawah 100 ribu diraih oleh PKB, Demokrat dan PAN.

Jika merujuk perolehan suara sementara ini, maka bisa dihitung perolehan kursi masing-masing parpol. Total kursi untuk dapil NTT 1 yakni 6 kursi.

Berdasarkan sistem perhitungan Sainte Lague, berikut hasilnya.

Dari perolehan suara saat ini, kami mencoba memprediksi perolehan suara final jika suara real count saat ini mendapat tambahan sebesar dua kali lipat pada masing-masing partai.

Maka, berikut hasilnya:

Sistem Perhitungan Sainte Lague

Berdasarkan prediksi suara final, Kursi Pertama didapat dengan cara semua suara partai dibagi 1. Setelah dibagi 1, suara terbanyak/kursi pertama diraih PDIP.

Kursi Kedua, diperoleh dengan cara suara PDIP dibagi 3, sementara partai lain tetap dibagi 1. Hasilnya, suara terbanyak kedua/kursi kedua diraih Golkar.

Untuk mendapat Kursi Ketiga, PDIP dan Golkar dibagi 3, sementara yang lain tetap dibagi 1. Hasilnya NasDem mendapat suara terbanyak ketiga/kursi ketiga.

Kursi keempat, PDIP, Golkar dan NasDem dibagi 3, sementara partai lain tetap dibagi 1. Jadi, PKB mendapat kursi keempat.

Kursi kelima rumusnya tetap sama yakni PDIP, Golkar, Nasdem dan PKB dibagi 3, sementara yang lainnya tetap dibagi 1. Kursi kelima pun diraih Demokrat.

Kursi terakhir/keenam, diperoleh dengan membagi 3 suara 5 partai sebelumnya, sehingga PAN mendapat kursi terakhir.

Jika perolehan suara partai-partai ini tetap mengikuti pola tersebut, maka dipastikan tidak ada partai yang mendapat 2 kursi. Kecuali kalau ada partai (terutama 3 partai di posisi puncak) yang lompatan suaranya naik cukup jauh. (VoN).

alterntif text